iklan zonasultra

Memotivasi Mahasiswa Berwirausaha, USN Kolaka Gelar Pelatihan

Memotivasi Mahasiswa Berwirausaha, USN Kolaka Gelar Pelatihan
PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN - Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar pelatihan kewirausahaan di Aula Akper USN Kolaka, Senin (9/12/2019). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar pelatihan kewirausahaan di Aula Akper USN Kolaka, Senin (9/12/2019).

Kegiatan pelatihan tersebut menghadirkan pemateri dari Universitas Negeri Makassar (UNM), Ismarli Muis dan Lukman S. Pelatihan diselenggarakan selama dua hari mulai 9 – 10 Desember 2019.

Iklan Zonasultra

Sebanyak 50 peserta terdiri dari mahasiswa USN Kolaka, mahasiswa Al Mawaddah Warahmah, dan juga mahasiswa Akademi Kebidanan Kolaka terlibat dalam kegiatan pelatihan kewirausahaan tersebut.

Panitia Pelatihan Kewirausahaan, Yolanda Fitria Syahri mengatakan, pelatihan ini bertujuan agar mahasiswa bisa tergerak dan termotivasi untuk mulai berwirausaha. Sehingga, mereka tidak hanya berpikir untuk menjadi seorang aparatur sipil negara.

“Diharapkan USN bisa menciptakan suatu wadah bisnis untuk memotivasi dan mendorong mahasiswa menjadi entrepreneur muda,” ujarnya.

(Baca Juga : USN Kolaka Simulasi Visitasi Akreditasi Institusi)

Menurutnya, pelatihan wirausaha ini menjadi penting karena berdasarkan data dikti, pengangguran terbanyak itu adalah pengangguran terdidik yang merupakan sarjana. Untuk mengurangi pengangguran terdidik tersebut, maka mahasiswa dibiasakan dan diarahkan berwirausaha sejak dini.

USN menginginkan mahasiswanya tidak hanya berpikiran menjadi pegawai negeri sipil. Menurutnya, dengan menjadi pengusaha secara tidak langsung mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga bisa mengurangi pengangguran lainnya.

“Sekarang itu masih banyak yang berpikir untuk menjadi pegawai negeri, mereka masih jarang berpikir menjadi bos. Padahal mereka bisa menciptakan lapangan kerja jika menjadi pengusaha atau pebisnis,” jelasnya.

Untuk diketahui, penanggungjawab kegiatan tersebut yaitu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Achmad Lamo Said. Wakil rektor tiga kampus merah marun tersebut, yang membuka langsung kegiatan pelatihan. Dan yang menjadi Ketua Panitia adalah drg. Asmah, Wakil Ketua Panitia Roslina. (a)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib