iklan zonasultra

Mendagri Sebut Santap Makanan Sehat Bergizi Dapat Cegah Corona

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian
Tito Karnavian

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta masyarakat untuk tidak panik menghadapi virus corona. Menurut Tito, menyantap makanan sehat dan bergizi serta rajin berolah raga dapat terhindar dari terjangkitnya virus corona.

“Perlu memperbanyak makanan yang bergizi, vitamin, seperti buah-buahan, sayur-sayuran sehingga daya tahan tubuh betul-betul kuat, olahraga, berjemur di bawah sinar matahari dan kemudian yang tadi, vitamin yang alami adalah vitamin dari buah dan sayur, madu, dan lain-lain,” kata Tito dalam keterangan tertulis yang diterima awak zonasultra.com, Selasa (3/3/2020).

Baca Juga : Jokowi Umumkan Dua Orang di Indonesia Positif Terjangkit Corona

Selain itu, Tito menganjurkan agar rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau disinfektan. Sebab, salah satu penyebaran virus corona dapat melalui sentuhan langsung dengan penderitanya.

“Tindakan preventif itu, terutama memperkuat daya tahan tubuh, itu yang penting, olahraga, karena virus itu yang paling utama ada di sistem daya tahan tubuh, kalau daya tubuh kuat virus juga tidak bisa berkembang,” kata Tito.

Langkah pencegahan lainnya yakni memanfaatkan sinar matahari pagi yang kaya akan vitamin D dapat menyehatkan tubuh. Beruntung Indonesia beriklim tropis yang memiliki suhu relatif hangat karena dipengaruhi oleh letaknya di garis khatulistiwa.

“Kita beruntung punya negara yang banyak sinar matahari sebagai negara tropis, sering-sering untuk berjemur, terutama matahari pagi. Kita semua belajar dari dulu, namanya matahari pagi itu banyak mengandung manfaat termasuk vitamin D dan lain-lain. Hal ini menunjukkan bahwa di suhu-suhu tertentu yang panas (corona) tidak bisa berkembang,” papar mantan Kapolri ini.

Di lain pihak, pemerintah telah berupaya dengan segala kemampuan mengatasi virus corona ini. Tito menuturkan koordinasi di tingkat nasional sudah dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), serta para kepala daerah juga telah banyak melakukan langkah-langkah untuk preventif.

Baca Juga : Pulang Umrah, Pasutri Asal Kolaka Jalani Isolasi di RS Bahteramas

Seperti diketahui, dua warga negara Indonesia positif terkena virus corona. Keduanya adalah ibu dan anak yang diketahui sempat berkontak dengan warga Jepang yang positif terkena corona.

Saat ini mereka dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara dan sudah dalam perawatan dan penanganan sesuai dengan standar yang berlaku secara internasional. (B)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib