iklan zonasultra

Mendagri Serahkan 105 Juta Data Penduduk ke KPU RI

Mendagri Serahkan 105 Juta Data Penduduk ke KPU RI
MENDAGRI - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyerahkan 105 juta Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman di Kantor Pusat KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020). (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah menyerahkan 105 juta Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman di Kantor KPU RI. DP4 itu untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020

Adapun DP4 yang diserahkan pada Kamis (23/1/2020) itu, sebanyak 105.396.460 jiwa, terdiri dari laki-laki 52.778.939 dan perempuan 52.617.521 yang tersebar di 270 daerah pemilihan.

Baca Juga : Pilkada 2020, KPU RI Minta Masyarakat Koltim Tetap Jaga Silahturahmi

iklan zonasultra

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan penyerahan DP4 adalah salah satu tahapan yang sudah ditetapkan dalam peraturan KPU tentang tahapan jadwal dan program yaitu penyerahan DP4 dari Kemendagri kepada KPU. Selanjutnya, DP4 itu dilakukan sinkronisasi untuk ditetapkan sebagai Data Pemilih Sementara (DPS) yang nantinya dilakukan pemuktahiran data di lapangan hingga pada akhirnya menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Daftar nama itulah yang nanti kita bagi ke TPS-TPS, kemudian data itu akan menjadi sumber untuk banyak kegiatan yang lain. Misalnya menentukan jumlah TPS, menentukan jumlah logistik yang dikirim di tiap-tiap TPS, itu bersumber dari data pemilih ini,” kata Arief Budiman di Kantor Pusat KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Oleh sebab itu, data pemilih ini menjadi salah satu urusan penting KPU dalam proses penyelenggaraan pilkada. Arief juga mengatakan jika ada masukan terkait DP4 silakan disampaikan sebelum data tersebut menjadi DPS.

“Kalau ada keberatan nanti disampaikan kepada kita, tapi saya ingin beri pesan kalau memang ada keberatan, masukan, catatan yang mau disampaikan itu mohon disampaikan pada waktu yang tepat,” lanjut Arief.

Baca Juga : Ketua KPU RI Sebut Pilkada 2020 Rawan Terkendala Anggaran

Penyerahan DP4 ini turut disaksikan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan. Abhan menuturkan pihaknya akan meminta salinan DP4 untuk dilakukan pencermatan.

“Kami hari ini juga langsung meminta salinan DP4 ke KPU dan nanti kami akan cermati sebelum KPU turunkan kepada Pemda, sebelum dilakukan pemutakhiran. Kami akan segera mencermati DP4, nanti menjadi bahan KPU kalau ada masukan dari kami,” ujar Abhan. (B)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib