iklan zonasultra

iklan zonasultra

Mendagri Sindir Kekeliruan Kepala Daerah Saat Kunjungan ke Luar Negeri

76
Tjahjo Kumolo
Tjahjo Kumolo

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyindir kepala daerah yang melakukan kekeliruan saat melakukan kunjungan ke luar negeri. Pasalnya beberapa gubernur, bupati dan wali kota izin melakukan kegiatan di luar negeri namun membawa SKPD yang tidak terkait.

“Banyak kepala daerah yang izin ke Dirjen Otda. Misalnya ada acara kepariwisataan di Jepang, tapi dinas pariwisatanya tidak diajak,” kata Tjahjo Kumolo dalam acara Konsolidasi Penyiapan RPJMD 2019-2023 Hasil Pilkada Serentak 2018, di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Rabu (16/5/2018).

Contoh lain, kata Tjahjo, acara di luar negeri terkait dengan masalah sampah, tapi kepala dinas lingkungan tidak diajak. Bupati/wali kota malah mengajak dinas PU atau keuangan yang tidak berkaitan dengan acara tersebut.

“Saya kira Pak Dirjen harus tegas tujuannya apa, kunjungannya kemana, ya SKPD terkait harus diajak,” tegas Mendagri.

Kepala daerah diharapkan seefektif mungkin memanfaatkan perangkatnya untuk menjalankan program yang ada. Selain itu, musyawarahkan anggaran dan pembangunan dengan matang. Sebab perencanaan itu penting untuk memastikan program pembangunan bisa berjalan baik. (B)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib