Honda

Mengenal AJP, Anggota DPRD Sultra Terpilih dengan Segudang Pengalaman

Aksan Jaya Putra
Aksan Jaya Putra

ZONASULTRA.COM, KENDARIAksan Jaya Putra atau yang dikenal dengan akronim AJP merupakan anggota DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) terpilih periode 2019-2024. AJP adalah politikus Partai Golkar.

Dalam Pemilu 2019 lalu, AJP yang maju dari daerah pemilihan (Dapil) Sultra I, yakni Kota Kendari berhasil mendulang 13.659 suara.

Di parlemen AJP merupakan wajah baru. Sebelum terpilih sebagai anggota DPRD Sultra, AJP belum pernah menduduki jabatan publik. Meski begitu ia bukan orang baru di dunia politik. Ia mulai masuk di dunia politik sejak bergabung dengan Partai Golkar tahun 2003.

iklan zonasultra

Walaupun orang baru di parlemen, AJP sudah memiliki target setelah dirinya resmi dilantik pada 7 Oktober 2019 mendatang. Ia berkeinginan ditempatkan di komisi III yang membidangi masalah pertambangan dan infrastruktur dengan tujuan mendorong kemajuan pembangunan dan infrastruktur di daerah pemilihannya Kota Kendari.

“Sesuai background saya harusnya di komisi III, namun itu kembali ke partai. Nantikan ada komunikasi dengan teman-teman di partai, kalaupun saya tidak di situ, saya inginkan masuk di komisi IV yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat,” kata AJP di kediamannya, Jumat (4/10/2019).

Mengenal AJP, Anggota DPRD Sultra Terpilih dengan Segudang Pengalaman
Aksan Jaya Putra bersama istri dan kedua anaknya saat liburan di Sidney, Australia. (Foto: Istimewa)
Latar Belakang Keluarga

AJP lahir di Kota Kendari, 11 Agustus 1979. Ia berdomisili di Kota Kendari.

AJP adalah putra ketiga dari pasangan H. Surunuddin Dangga dan Hj. Nurlin Surunuddin, yang sama-sama politikus kawakan di Sultra.

Surunuddin Dangga adalah Bupati Konawe Selatan (Konsel) periode 2015-2020. Sebelumnya Surunuddin merupakan anggota DPRD Sultra periode 2014-2019. Sedangkan Nurlin Surunuddin adalah anggota DPRD Kota Kendari periode 2014-2019. Kini Nurlin terpilih sebagai anggota DPRD Sultra periode 2019-2024 dari daerah pemilihan Sultra II, yakni Konsel dan Bombana.

Mengenal AJP, Anggota DPRD Sultra Terpilih dengan Segudang Pengalaman
Aksan Jaya Putra berfoto bersama keluarga besarnya di moment hari raya Idul Fitri 2019 lalu. (Foto: Istimewa)

Selain itu, AJP adalah menantu dari pasangan mantan Wakil Gubernur Sultra dan mantan anggota DPD-RI Yusran Silondae dan Rusiahwati Abunawas yang merupakan anggota DPRD Kota Kendari 2019-2024.

Saat ini, dari pernikahannya dengan Anawai Inuanggi Silondae, AJP telah dikaruniai dua orang anak yakni Farrel Putra Aksan dan Fardan Putra Aksan.

Pendidikan

AJP mengenyam pendidikan sekolah dasar (SD) di SD Negeri 2 Punggolaka, Kendari pada 1991.

Lalu ia melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Kendari pada 1994, sementara masa SMA dihabiskan di SMA Negeri 1 Kendari pada 1997.

Selepas lulus, pria kelahiran Kendari ini melanjutkan kuliahnya di diploma business (D3) University Tecnology Of Sydney, Australia pada 2000-2003 dan Bachelor Busines (S1) Central Queensland University Sydney, Australia, pada 2003.

Pengalaman Organisasi

Sebelum terpilih sebagai anggota DPRD Sultra periode 2019-2024, pria 40 tahun ini memiliki segudang pengalaman di dunia kewirausahaan dalam dan luar negeri.

Mengenal AJP, Anggota DPRD Sultra Terpilih dengan Segudang Pengalaman
Aksan Jaya Putra ketika mendampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat kunjungan kerja dan kampanye Jokowi Widodo, di Kendari, beberapa waktu lalu

Bahkan namanya, tidak asing di telinga masyarakat Sultra umumnya, dan Kota Kendari khususnya. Pada masa jayanya di tahun 1990 sampai 2000-an, lewat brand perusahaan besar yang dipimpinnya, PT Aksan Raya Group, yang berkecimpung di bidang jasa konstruksi gedung, jalan, jembatan, dermaga, bendungan dan lain sebagainya.

Selain pengalamannya di dunia usaha, AJP yang jebolan S-1 jurusan bisnis Universitas Teknologi Sydney di Negara Kangguru, Australia ini, juga aktif dalam organisasi kemahasiswaan semasa kuliah. Selanjutnya aktif pada organisasi kemasyarakatan dan ikatan pengusaha baik lokal, nasional dan internasional dengan berperan memberikan ide dan gagasan serta action nyata di lapangan.

Aksan juga mengerti dan paham urusan kepemerintahan karena selalu mendampingi ayahnya, serta memiliki kolega dan relasi dari pihak swasta maupun negeri yang berkompeten baik dalam maupun luar negeri.

Berdasarkan seabrek pengalamannya ini, AJP yakin bisa berbuat banyak di DPRD Sultra untuk membangun wilayah dan meningkatkan kesejahteraan.

Berikut Pengalaman Organisasi AJP:
  • CEO Tolakindo Group
  • Direktur Utama PT Tolakindo Minning Resources
  • Direktur Utama PT Aksan Raya Perkasa
  • Komisaris PT Aksan Raya Group
  • Pimpinan Anaway Tour & Travel
  • Pimpinan Patuna Haji & Umroh Perwakilan Kendari
  • Ketua Gapeknas (Gabungan Pengusaha Kontraktor Nasional) Kota Kendari ( 2015-2020)
  • Wakil Ketua HIPMI Sultra (2014-2017)
  • Wakil Ketua Bidang Hubungan International Kadin Sultra (2015-2020)
  • Wakil Ketua ASITA (Asosiasi Perusahan Perjalanan Wisata Indonesia) 2016-2021
  • Ketua Ikatan Alumni SMPN 1 Kendari Angkatan 94 (2017-2022)
  • Ketua Ikatan Alumni SMAN 1 Kendari Angkatan 97 (2017-2022)
  • Ketua Dewan Pembina Repnas (Relawan Pengusaha Muda Nasional untuk Jokowi-Ma’ruf) Kota Kendari.
  • Ketua Dewan Pembina HIPMI Sultra 2018 – 2021
  • Wakil Sekretaris Bidang Pendidikan dan Cendikiawan DPD Partai Golkar. (adv)

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib