iklan zonasultra

Mentan Serahkan 10 Traktor dan Bibit Pertanian ke Pemda Konut

Mentan Serahkan 10 Traktor dan Bibit Pertanian ke Pemda Konut
BANTUAN PERTANIAN - Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman saat menyerahkan bantuan alat pertanian dan bibit perkebunan kepada Bupati Konut, Ruksamin saat menggelar rapat koordinasi Menteri Pertanian Republik Indonesia di Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur, Rabu (27/12/2018). (Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU -Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) menyalurkan bantuan fasilitas pertanian ke Pemerintah Daerah (Pemda), Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Mentan Serahkan 10 Traktor dan Bibit Pertanian ke Pemda Konut

Fasilitas pertanian tersebut berupa 10 unit traktor roda 4, exavator mini serta ribuan bibit perkebunan di antaranya coklat, cengkeh, kelapa dalam, jambu mente dan lada.

iklan zonasultra

Bantuan itu diserahkan langsung Mentan RI, Amran Sulaiman kepada Bupati Konut, Ruksamin dalam rapat koordinasi (Rakor) Menteri Pertanian Republik Indonesia yang dihadiri oleh Gubernutr Sultra, Aster Kasad, Kasdam, Dandim, Bupati, Wali Kota dan Dinas Pertanian se-Sultra, bertempat di Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Rabu (27/12/2017).

Bantuan pertanian yang diterima Pemda Konut di bawah kepemimpinan Ruksamin-Raup karena dinilai proaktif menggalakkan program pertanian di wilayahnya, dan menjadikan salah satu program unggulan untuk meningkatkan roda perekonomi daerah dan masyarakat.

Bupati Konut Ruksamin mengatakan, fasilitas yang diberikan tak lepas dari dukungan dan peran kerja pihak-pihak terkait serta masyarakat dalam membantu proses pengembangan kegiatan di sektor pertanian. Pihaknya juga telah mencanangkan padi merah organik non glukosa dan telah melakukan panen perdana sekitar 30 hektar.

Selain kawasan pariwisata, pertambangan, perkebunan dan perikanan, sektor pertanian menjadi salah satu produk unggulan dan terus dikembangkan untuk menopang perekonomian masyarakat. Masa transisi saat ini yang sangat dibutuhkan peluang usaha.

“Alhamdulilah upaya kerja kami mendapat perhatian dari Pak Menteri Pertanian. Ini merupakan mofivasi kami untuk terus bekerja mensukeskan program kerja di bidang pertanian yang kita jalankan,” kata Ruksamin usai menerima bantuan tersebut.

“Kami juga akan terus melakukan penataan dan pembenahan mengatasi kendala-kendala yang terjadi di lapangan sehingga secara bertahap semua berjalam baik dan sukses,” ujarnya.

Sebelumnya, bupati Ruksamin telah mengajukan profosal ke kementerian pertanian dan disetujui dengan menyalurkan bantuan di Konut. diantara lain 16 unit traktor roda empat, 42 unit roda dua, pompa air 23 unit, alat tanam dan panen masing-masing 2 unit, jounder 4 unit.

Selain itu, ada juga kambing 200 ekor, ayam 2000 ekor, bibit kelapa dalam 1000 phon, bibit jambu mente 5 ribu pohon, bibit cengkeh 30 ribu pohon, kakao 4 ribu pohon, pala 2 ribu pohon, lada 10 ribu pohon. (B)

 

Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib