Tampilan Desktop



Menteri Susi Ajak Nelayan di Kendari Bentuk Koperasi
57 Dibaca

Menteri Susi Ajak Nelayan di Kendari Bentuk Koperasi

KUNJUNGAN KERJA – Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pujiastuti, saat berdialog dengan para nelayan Kota Kendari di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari, Jumat (24/3/2017). (RAMADHAN HAFID/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pujiastuti, mengajak para nelayan di Kendari untuk membentuk koperasi nelayan. Mekanisme ini ditempuh agar bantuan yang diberikan efektif, tepat sasaran dan dapat dipertanggung jawabkan.

Hal itu diutarakan Menteri Susi saat berdialog dengan para nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (24/3/2017).

“Kita tidak bisa lagi memberikan kapal kepada kelompok usaha bersama (KUB). Kenapa karena banyak KUB itu kelompoknya bohong-bohong. Hasil tangkapannya milik ketuanya saja. Biasanya juga yang dekat dengan kepala dinas, makanya harus koperasi,” ungkapnya.

Menurutnya, koperasi merupakan salah satu lembaga hukum. Selain itu, koperasi juga merupakan wadah yang legal bagi pemerintah untuk penyaluran bantuan. Sebab di Kementerian Perhubungan registrasi untuk gross akta hanya boleh yang berbadan hukum dan perorangan.

Baca Juga : Ajak Nelayan Daftar Asuransi, Menteri Susi: Kalau Mati di Laut Dapat Santunan Rp 200 Juta

“Jadi sekarang itu tidak boleh lagi KUB. Bantuan pemerintah harus untuk semua orang. Kalau koperasikan anggotanya 100 orang semua kebagian, walaupun kapalnya cuman tiga. Karena sisa hasil usahanya dibagi merata. Itu intinya koperasi,” jelasnya.

Selain itu, Susi juga mengajak ibu-ibu agar membentuk koperasi untuk dagang. “Ibu-ibu buatlah koperasi untuk dagang, nanti kami bantu dengan badan layanan umum,” tandasnya.

Baca Juga : Menteri Susi Serahkan Santunan Rp 160 Juta ke Keluarga Nelayan yang Meninggal

Susi juga menekankan, agar koperasi dapat dijalankan dengan baik dan betul-betul beranggotakan nelayan, yang bisa memberdayakan mereka, serta melibatkan dewan pembina koperasi dari kalangan pejabat terkait. (B)

 

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com