iklan zonasultra

Menuju Kota Layak Huni, Walikota Deklarasi Stop BAB Sembarangan

Menuju Kota Layak Huni, Walikota Deklarasi Stop BAB Sembarangan
STOP BAB - Walikota Kendari Asrun mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan (BABS) sebagai bentuk komitmen untuk menjadikan Kota Kendari sebagai kota yang bersih dan sehat menuju kota layak huni. Deklarasi ini dilakukan saat upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) di lapangan upacara Kantor Walikota, Kamis (17/11/2016). (KASMAN/ZONASULTRA.COM)
Menuju Kota Layak Huni, Walikota Deklarasi Stop BAB Sembarangan
STOP BAB – Walikota Kendari Asrun mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan (BABS) sebagai bentuk komitmen untuk menjadikan Kota Kendari sebagai kota yang bersih dan sehat menuju kota layak huni. Deklarasi ini dilakukan saat upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) di lapangan upacara Kantor Walikota, Kamis (17/11/2016). (KASMAN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Walikota Kendari Asrun mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan (BABS) sebagai bentuk komitmen untuk menjadikan Kota Kendari sebagai kota yang bersih dan sehat menuju kota layak huni. Deklarasi ini dilakukan saat upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) di lapangan upacara Kantor Walikota, Kamis (17/11/2016).

Menurut Asrun, perilaku buruk BAB sembarangan masih banyak terjadi di tengah masyarakat Kota Kendari. Jika kebiasaan ini dibiarkan tentu akan memberikan dampak buruk terhadap kualitas lingkungan tempat tinggal, yang pada akhirnya akan mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.

Asrun mengatakan sebuah kelurahan dapat mendeklarasikan dirinya sebagai kelurahan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) apabila warganya sudah menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat secara berkesinambungan.

“Kami selaku pemerintah kota mempunyai target lebih awal bahwa insya Allah 2018 Kota kendari sudah tidak ada lagi warganya yang buang air besar sembarangan tempat,” ujar Asrun.

Untuk para lurah dan sanitarian puskesmas yang telah melaksanakan ikrar dalam pencanangan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Asrun berharap dapat terus menerus memfasilitasi masyarakat agar perilaku BAB pada tempatnya menjadi kebiasaan yang permanen.

“Mari kita jadikan Kota Kendari sebagai kota bersih dan sehat sehingga derajat kesehatan masyarakat kita semakin meningkat,” ujar Asrun. (B)

 

Reporter: Kasman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib