iklan zonasultra

Meriahkan Tahun Baru, Petani Rumput Laut di Muna Gelar Balap Perahu

BALAP PERAHU - Kemeriahan lomba balap perahu ketinting di Desa Ghonebalano Kecamatan Duruka. (Nasrudin/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RAHA – Warga Desa Ghonebalano Kecamatan Duruka Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyambut tahun baru 2020 dengan cara unik yakni menggelar lomba balap perahu ketinting.

Puluhan perahu yang merupakan milik petani rumput laut desa setempat, didesain khusus agar mampu memenangkan lomba.

Kemeriahan lomba tersebut, terlihat dari animo masyarakat yang datang menonton. Mereka menyaksikan keriuhan mesin ketinting dengan kapasitas 390 cc menjajal birunya laut.

iklan zonasultra

Lomba balap perahu dengan melintasi pantai Kota Raha pun menjadi tontonan ratusan warga di dua desa setempat.

Ketua panitia lomba, La Saadas mengatakan lomba balap perahu ketinting itu dalam rangka menyambut tahun baru 2020. “Pesertanya semua petani rumput laut, dengan menggunakan mesin 390 cc. Mereka memperebutkan hadiah sebesar Rp2 juta,” terang Saadas, Rabu (1/1/2020).

Kata Saadas, rencananya lomba balap perahu tersebut akan digelar setiap tahun. Hal tersebut dilakukan agar lebih meningkatkan produktivitas rumput laut di wilayah tersebut.

“Saat ini harga rumput laut cukup menjanjikan sekitar Rp20 ribu per kilo. Panen petani tahun lalu sangat melimpah. Ini juga sebagai bentuk rasa syukur atas panen yang melimpah,” katanya.

Salah satu peserta lomba, La Kayadi mengaku senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah desa setempat. Hal tersebut dinilai akan mampu memacu produksi rumput laut oleh para petani.

“Kegiatan ini sangat bagus. Saya berharap ini menjadi acara tahunan di desa kami,” harapnya. (A)

 


Kontributor: Nasrudin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib