iklan zonasultra

Mobil di Konut Terbakar Usai Isi BBM, Tangkinya Dirakit Dobel

KEBAKARAN MOBIL - Masyarakat Konawe Utara saat melihat kondisi mobil jenis Toyota Avanza yang ludes terbakar hingga menyisakan rangka diduga akibat menampung BBM melebihi kapasitas dengan cara merakit tangki mobil menjadi dua. (Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Satu unit kendaran roda empat merek Toyota Avanza bernomor polisi DT 1607 AM ludes terbakar di wilayah Desa Lamondowo, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (28/12/2019). Kondisinya hanya menyisakan rangka.

Kapolsek Asera, Ajun Komisaris Polisi (AKP), Andi Agusfian Pranata menyampaikan, peristiwa itu terjadi sekira pukul 15.00 Wita saat pengemudi mobil bernama Rehan usai melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di Agen Premium Minyak Solar (APMS) Lamondowo, Kecamatan Andowia.

Baca Juga : Angkut BBM Pakai Jerigen, Mobil Sedan Terbakar di SPBU Saranani

iklan zonasultra

Setelah menyalakan kunci kontak kendaraannya, tiba-tiba muncul percikan api dari dalam dasbor mobil. Api yang dengan cepat membesar langsung membakar seluruh badan mobil.

“Melihat api di dalam mobil, pengemudinya keluar, dan masyarakat yang berada di sekitar pompa APMS langsung mendorong mobil keluar APMS sekitar 50 meter, terus dilkakukan upaya pemadaman, tapi karena apinya besar jadi sulit dievakuasi sampai membakar seluruh mobil,” ujarnya.

Peristiwa itu menimbulkan dua korban akibat terkena api, masing-masing Rehan (17) mengalami luka bakar di wajah, lengan kiri dan kedua kaki, serta Saiful Bahri mengalami luka bakar ditelinga sebelah kiri dan lengan sebelah kiri. Sementara kerugiaan meteril ditaksir Rp80 juta.

Tangki rakitan berukuran 1 kali 1 meter berada dibelakang mobil yang diduga sebagai tempat penampungan BBM

“Pada jam 15.15 Wita unit pemadam kebakaran tiba di lokasi dan melakukan pemadaman yang dibantu oleh masyarakat. Api dapat diredakan pada pukul 15.45 Wita,” terangnya.

Baca Juga : Konut Darurat Serangan Buaya, Warga Diimbau Waspada

Ada yang menarik perhatian warga setempat saat melakukan evakuasi penyelamatan, di mana bagian belakang dalam mobil ditemukan tangki rakitan yang diduga untuk menampung BBM dengan ukuran sekira 1 x 1 meter. Selain tangki bawah lantai mobil juga terdapat tangki di dalam mobil.

Hal itu dibenarkan salah seorang warga Kecamatan Andowia, Misdar Saranani. Diungkapkannya, posisi tangki kendaraan yang dirakit mampu menampung BBM dua kali lipat dari sebelumnya. Jika isi tangki awal 100 liter bisa naik menjadi 200 liter. Hal itu kata dia, sangat membahayakan karena kapasitas BBM yang berlebihan bisa menimbulkan korsleting pada kendaraan. (A)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib