Tampilan Desktop



Mohammad Jabar Hamidan, Karateka Masa Depan Sultra
66 Dibaca

Mohammad Jabar Hamidan Mohammad Jabar Hamidan

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tradisi melahirkan karateka putra handal di Sulawesi Tenggara (Sultra) tampaknya masih akan terus berlanjut. Setelah zaman La Sari di tahun 90-an hingga zaman Bambang Saputra di era tahun 2000-an, Sultra tidak pernah kehilangan atlet karate berbakat.

Kali ini kembali muncul karateka muda berbakat bernama Mohammad Jabar Hamidan. Karateka kelahiran Kendari 24 Maret 20 tahun lalu ini, perlahan tapi pasti mulai menunjukkan potensinya akan menjadi karateka handal.

Berlatih karate sejak masih duduk di bangku SD, putra pasangan H. Ipa Rifai Hamida dan Hj. Saila Baranti ini semakin menekuni olahraga asal Jepang ini ketika duduk di bangku SMA.

Bergabung di perguruan karate Inkado, Jabar tumbuh sebagai karateka handal ketika berlatih di dojo Inkado cabang Universitas Halu Oleo (UHO). Di bawah arahan pelatihnya Sahrul, Jabar Hamidan yang turun di kelas -75 kg putra mulai diperhitungkan di tingkat nasional.

Pada 2017 Jabar berhasil meraih medali perunggu pada Kejuaraan Karate Nasional Piala Kasad di Jambi. Prestasi ini merupakan hasil yang sangat bagus buat ukuran atlet muda.

Hanya saja di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) di Makassar Oktober lalu, Jabar gagal menyumbangkan medali bagi kontingen Pomnas Sultra.

Namun, kegagalan di Pomnas ini membuat Jabar semakin terpacu untuk lebih berprestasi lagi. Target awal yang ini dicapainya saat ini adalah meraih medali emas di Porprov XIII 2018 sekaligus masuk tim Pra PON karate Sultra.

Mohammad Jabar Hamidan, Karateka Masa Depan Sultra

Mohammad Jabar Hamidan paling kanan berfoto bersama dengan ketua Inkado Sultra Ali Mazi. (Foto : Istimewa)

 

Setelah masuk dalam tim karate Pra PON, Jabar memiliki target lolos ke PON XX di Papua. Sebab dia merasa seluruh prestasi nasional tidak ada artinya jika belum bisa menyumbangkan medali di ajang PON.

“Terakhir kali nomor kumite menyumbangkan medali di PON sudah hampir 20 tahun lamanya. Jadi saya memiliki target mengembalikan tradisi medali karare di PON XX mendatang,” kata Jabar ditemui di GOR Sport Center UHO, Kamis (7/12/2017).

Tetapi Jabar sadar untuk merealisasikan targetnya tersebut dibutuhkan latihan keras. Sehingga ke depannya benar-benar bisa menyempurnakan teknik dan strategi saat bertanding. (B)

Bio Data :

Nama : Mohammad Jabar Hamidan
TTL : Kendari, 24 Maret 1997
Tinggi/Berat : 175 cm /67 kg
Perguruan : Inkado
Pelatih : Sahrul
Orang Tua :
Ayah : Drs. H. Ipa Rifain Hamida M.si
Ibu : Ir.Hj. Saila Baranti M.si

Pretasi : 1. Juara III Piala Kasad di Jambi
2. Juara I Piala Lagaligo di Sulsel

 

 

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com