Honda

Momen Hari Statistik, BPS Butur Akui Masih Banyak Kekurangan

Momen Hari Statistik, BPS Butur Akui Masih Banyak Kekurangan
HSN 2019 - Peresmian Markas Koordinasi Sensus Penduduk 2020 dalam rangkaian acara ramah tamah Hari Statistik Nasional tahun 2019 di kantor BPS Butur, Senin (30/9/2019). (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Badan Pusat Satistik (BPS) Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadikan momentum peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) yang diperingati setiap 26 September sebagai ajang introspeksi, untuk lebih meningkatkan kinerja ke depan.

Kepala BPS Butur, Burhanuddin, menuturkan peringatan HSN ini, di samping menjadi ajang lomba dan perayaan, juga menjadi saat yang tepat untuk melakukan introspeksi. Berbagai kelemahan dalam pelaksanaan tugas keseharian selama ini, patut dilakukan koreksi agar menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

“Dari hasil introspeksi, kami menyadari bahwa masih banyak data yang belum dapat kami sajikan, juga masih banyak kekurangan di sana sini,” tuturnya, dalam acara ramah tamah HSN di Kantor BPS Butur, Senin (30/9/2019).

iklan zonasultra

Lanjut dia, dalam mewujudkan perbaikan di tubuh BPS Butur, pihaknya juga meminta dukungan dari jajaran pemerintah daerah serta masyarakat setempat, untuk berkenan memberikan dukungan berupa masukan.

Sementara itu, Bupati Butur, Abu Hasan, mengungkapkan kiprah BPS telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan daerah. Di mana, dari data yang disajikan, dapat menjadi pijakan dalam melakukan analisis perencanaan pembangunan daerah, termasuk melihat perkembangan kehidupan sosial maupun ekonomi masyarakat setempat.

“Kita sangat butuh statistik. Statistik ini adalah lembaga resmi negara yang diberi mandat penuh untuk menghitung angka-angka pembangunan. Dan tidak ada lembaga lain yang dipercaya pemerintah untuk menghitung angka pembangunan selain BPS, termasuk BPS Buton Utara,” ungkapnya.

Di momentum HSN 2019, Ketua DPD PDI Perjuangan Sultra itu berpesan, agar lembaga negara resmi tersebut terus bekerja lebih independen, profesional dan lebih berintegritas lagi. Selain itu, ia juga berharap, ke depan BPS Butur semakin jaya, terus maju dan berkarya, sehingga eksistensinya lebih dirasakan lagi oleh masyarakat, pemerintah, serta dalam proses pembangunan daerah.

Acara ramah tamah ini, dirangkaikan dengan peresmian Markas Koordinasi Sensus Penduduk 2020, serta penyerahan hadiah kepada pemenang olimpiade matematika tingkat SMA se-Butur. (C)

 


Kontributor: Irsan R
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib