Honda

Moment Hardiknas, Pemda Kolaka Komitmen Wujudkan SDM Berpendidikan

Moment Hardiknas, Pemda Kolaka Komitmen Wujudkan SDM Berpendidikan
HARDIKNAS 2019 - Pelaksanaan upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 di Kantor Bupati Kolaka, Kamis (2/5/2019). (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka berkomitmen mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berpendidikan. Hal tersebut disampaikan Bupati Kolaka Ahmad Safei dalam upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 di Kantor Bupati Kolaka, Kamis (2/5/2019).

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) itu juga dirangkaikan dengan Hari Otonomi Daerah (Otoda) 2019. Pelaksanaannya dihadiri Ketua DPRD Parmin Dasir, Ketua Pengadilan Negeri Kolaka, Achmad Ukayat, Forkopimda, para Asisten Setda Kolaka serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pejabat Pemda Kolaka, guru-guru dan siswa sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA).

Selaku Inspektur Upacara, Bupati Kolaka dalam sambutan tertulis Menteri Pendidikan RI mengatakan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Untuk itu, peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat.

iklan zonasultra

(Baca Juga : Pemda Kolaka Program Peningkatan Infrastruktur Jalan dan Revitalisasi Pasar)

Saat ini peserta didik lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Maka ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya daerahnya. Meskipun ditengah permasalahan yang dihadapkan di mana masih ada keterbatasan tenaga pendidik.

Menurut Safei, Pemda harus merespon komitmen pemerintah pusat dalam menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan, mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang kompetitif, inovatif, dan berkarakter kepada anak-anak di Kabupaten Kolaka. Sehingga komitmen tersebut dapat terpatri di dalam diri anak-anak dan mengimplementasikan dalam kesehariannya.

“Saya kira jelas tiap tahun 20 persen APBD diporsikan untuk pendidikan. Anggaran tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang ada saat ini,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Universitas Sampoerna, untuk memberikan beasiswa kepada anak-anak di Kabupaten Kolaka. Kata dia, penerimaan mahasiswa tahun depan, Pemda Kolaka akan mengirim anak-anak untuk berkuliah di Universitas Sampoerna.

Sementara itu, usai pelaksanaan upacara Bupati Kolaka, Ahmad Safei, Ketua DPRD Kolaka, Parmin Dasir, dan Forkompinda menyerahkan piala dan hadiah kepada 30 orang siswa-siswi pemenang lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat sekolah dasar sederajat dan sekolah menengah pertama sederajat 2019. (A)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib