iklan zonasultra

Mudahkan Petani, Pemkab Muna Sediakan 12 Unit Alat Tanam Jagung Modern

Mudahkan Petani, Pemkab Muna Sediakan 12 Unit Alat Tanam Jagung Modern
ALAT TANAM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna menyediakan 12 unit alat tanam jagung modern. Alat ini berada di Dinas Pertanian Kabupaten Muna di Jalan Pendidikan Kelurahan Raha III Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra).(Kasman/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, RAHA – Dinas Pertanian Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyediakan 12 unit alat tanam jagung modern untuk mempermudah para petani di daerah itu dalam bercocok tanam.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Muna, Ogo Atfal mengatakan, alat tanam jagung ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat atas usulan daerah.

Untuk memperoleh alat tersebut, para petani terlebih dahulu mengajukan proposal permohonan dan membentuk kelompok tani agar bisa digunakan secara berkelompok. Tentu para kelompok tani juga harus menyediakan lahan perkebunan.

“Dari 12 unit alat tanam jagung modern ini, tinggal tujuh unit yang belum tersalurkan. Lima unitnya sudah disalurkan kepada kelompok tani,” kata Ogo Atfal, Rabu (17/1/2018).

Terkait dengan biaya operasional alat ini, kata Ogo, merupakan tanggung jawab para pemakai, baik biaya bahan bakar maupun kerusakan alat.

“Alat itu statusnya milik Dinas Pertanian Muna, tetapi kalau ada kerusakan tetap peminjam yang bertanggungjawab untuk memperbaikinya. Kemudian waktu peminjaman alat itu tidak dibatasi, akan tetapi para peminjam dapat bertanggungjawab atas kerusakannya,” ungkapnya.

Selain 12 unit alat tanam jagung modern, Pemkab Muna juga mendatangkan 20 unit traktor. (B)

Reporter : Kasman
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib