iklan zonasultra

Mudik Lebih Nyaman, BPJS Kesehatan Siapkan Fasilitas Ini Selama lebaran

BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kini tak perlu lagi khawatir dengan penggunaan kartu selama mudik. Pasalnya, untuk peserta JKN-KIS apabila membutuhkan pelayan kesehatan pada saat mudik di luar kota, bisa memperoleh pelayanan keehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kendari, Hendra J Rompas menjelaskan, sesuai peraturan perundangan, peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan di FKTP, walaupun tidak terdaftar di FKTP tersebut.

“Hal tersebut juga sudah menjadi menjadi bagian dari perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan faskes, dan faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan,” kata Hendra saat konferensi pers di kantor BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Senin (4/6/2018).

Ia menambahkan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas, seperti klinik atau dokter pratek perorangan. Pada keadaaan kegawatdaruratan, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberi pelayanan yang berlaku, serta tindakan medis berdassarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter.

(Baca Juga : ASDP Berbagi Tips Mudik Lebaran)

“Untuk itu, dihimbau para peserta JKN-KIS yang sedang mudik untuk tetap selalu membawa kartu JKN-KIS,” kata dia.

Untuk diketahui, pelayanan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS dengan status kepesertaan aktif. Karena itu, peserta agar segera memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif.

Untuk pengecekan terkait keaktifan peserta sendiri bisa dilihat melalui aplikasi mobile JKN, yang dapat didownload gratis pada google play. (B)

 


Reporter : Sri Rahayu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib