iklan zonasultra

Mudik Pakai Motor Tanpa Kendala, Ikuti Tips Astra Kendari Ini

Bengkel Astra Motor Kendari
Bengkel Astra Motor Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kendaraan roda dua atau motor merupakan salah satu alat transportasi darat yang banyak digunakan masyaarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk melakukan perjalanan mudik di kampung halaman. Misalnya, rute Kota Kendari ke berbagai wilayah di Kepulauan Buton dan Muna. Serta Kota Kendari ke wilayah daratan Konawe, Kolaka dan Bombana.

Tentunya agar perjalananmu aman dan tidak terjadi kendala pada kendaraan penting untuk dilakukan pemeriksaan terhadap spare part motor kamu. Nah, berikut tips dari Astra Motor Kendari bagi pemudik yang akan pulang ke kempung halaman merayakan Idul Fitri bersama keluarga, agar kendaraan kamu tetap aman dan lancar sampai ke tujuan.

Kepala Bengkel Astra Motor Kendari Yusuf Gazali saat ditemui zonasultra, Sabtu (11/5/2019) mengatakan, pada umumnya semua jenis kendaraan roda dua, ketika akan digunakan untuk perjalanan jauh saat mudik wajib untuk dilakukan pemeriksaan, supaya kondisinya tetap stabil.

Baca Juga : Serba Serbi Honda Premium Matic Day di Kendari, ASTRA Manjakan Pengunjung

Pertama, penting untuk memperhatikan busi. Baiknya, busi motor diganti setiap 8.000 km agar proses pembakaran bahan bakar dapat lebih maksimal dan tidak boros bahan bakar.

Kedua, melakukan pengecekkan pada rantai motor untuk jenis kendaraan cup dan sport agar saat berkendara terjauhkan dari masalah rantai putus atau longgar. Sementara itu untuk motor matic yakni fibel yang menjadi penggerak motor matic setiap 24.000 km.

Ketiga, melakukan pegantian pada filter udara setiap 16.000 km. Saringan udara yang tidak bekerja maksimal mengakibatkan tarikan motor performanya turun serta boros bahan bakar, sama halnya busi.

Keempat, disarankan untuk dilakukan perawatan dan pembersihan injektor. Sebab, fungsi injektor pada motor injeksi adalah menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan merubah partikel menjadi kabut.

Kelima, rutin melakukan pembersihan pada saringan bahan bakar yang posisinya pada tanki bahan bakar setiap 12.000 km.

Keenam, pengecekkan kondisi ban motor. Ban motor yang sudah gundul tentunya harus diganti untuk mengurangi resiko kecelakaan di jalan saat berkemudi termasuk ketajaman rem motor Anda.

“Kemudian hal terpenting lainnya adalah pengguna kendaraan motor untuk perjalanan jauh untuk amannya setiap 4.000 km harus mengganti oli mesin, tapi kalau dibawah 4.000 km itu juga lebih bagus,” ungkap Yusuf.

Ia pun menjelaskan kejadian yang sering ditemui pengguna kendraan roda dua saat menempuh jalur mudik seperti mati mesin atau mogok itu akibat kurangnya persiapan seperti beberapa tips diatas.

“Semoga pengguna motor kita yang ada di Sultra dapat melakukan pengcekkan kendaraan di bengkel resmi agar servicve yang diterima lebih maksimal serta dengan harga terjangkau,” jelasnya. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib