Tampilan Desktop



Muna Terima Opini WTP Untuk Pertama Kalinya
187 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Untuk pertama kalinya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dari Badan Pemeriksa Keuagan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra). Prestasi dalam hal pengelolaan keuangan daerah ini, merupakan kali pertama yang didapatkan oleh Pemkab Muna sejak 58 tahun silam.

Rusman Emba

Rusman Emba

Ditemui usai menerima piagam opini WTP di kantor BPK RI Perwakilan Sultra, Selasa (1/8/2017), Bupati Muna Rusman Emba mengungkapkan rasa gembiranya atas kerja keras seluruh SKPD di Pemkab Muna yang telah berhasil menyamber opini WTP.

Namun demikian, Rusman pun mengakui jika dalam perjalanan meraih opini WTP, pihaknya banyak menemukan permasalahan. Terutama dengan mekarnya Muna Barat dan Buton Utara, membuat pihaknya harus bekerja ekstra dalam mengkonfrontir persoalan aset- aset daerah tahun 70 an- tahun 80 an.

“Tentu saya berterima kasih kepada para SKPD, teman-teman di birokrasi. Alhamdulillah hari ini BPK telah memberikan Opini WTP, tentu ini merupakan satu rahmat satu,” terangnya.

Rusman menyatakan opini WTP itu akan menjadi tanggungjawab besar untuk di pertahankan di masa-masa yang akan datang, dengan lebih detail lebih sigap lebih fokus untuk menyelesaikan persoalan persoalan aset daerah yang menjadi penilaian BPK dalam opini WTP.

“Pertama tentu sering-sering dengan pihak BPK, tentu ada regulasi yang tentu harus di tindak lanjuti. Seperti penyusuaian pertanggung jawaban SPPD, tata kelola keuangan, alhamdulillah kita bisa mencapainya,” tutupnya.

Ketua DPRD Muna, Mukmin Naini juga tidak dapat menyembunyikan rasa bahagianya atas pencapaian Pemkab Muna di bawah kepemimpinan Rusman Emba sebagai Bupati Muna, yang telah berbahasil mengubah Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi WTP.

“Saat HUT Muna kemarin saya menyampaikan, bahwa salah satu target yang harus kita capai adalah, bagaimana kita bisa mendapatkan penilaian WTP. Dan alhamdulillah sekarang kita dapatkan dan kita bahagia,” ucapnya.

Senada dengan Rusman, Mukmin juga berharap agar Pemkab Muna dapat lebih bekerja keras lagi dalam menjaga opini WTP di tahun-tahun berikutnya serta meningkatjan kinerja.

“Semoga WTP ini bisa menjadi kepribadian Muna, kita apresiasi pemerintah yang sekarang. Insya Allah apa yang di rekomendasi BPK tadi akan kami tindaklanjuti,” harapnya. (B)

 

Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com