iklan zonasultra

Muna Wakili Lomba Keluarga Sadar Hukum Tingkat Nasional

Muna Wakili Lomba Keluarga Sadar Hukum Tingkat Nasional
LOMBA KADARKUM - Peserta lomba Kadarkum dari Muna saat memamerkan piala usai menjuarai lomba, yang diselenggarakan di kota Kendari, Kamis (7/11/2019). (Nasrudin/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RAHA – Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil menjuarai lomba persoalan hukum yang diikuti 17 Kabupaten kota se-Sultra.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sultra, dihelat empat tahun sekali. Hal ini untuk memberikan pemahaman pentingnya kesadaran terkait hukum.

Kabag Hukum Pemda Muna, La Ode Ena mengatakan, prestasi yang diraih itu merupakan pengetahuan tentang keluarga sadar hukum (Kadarkum).

iklan zonasultra

“Alhamdulilah, Muna berhasil jadi juara satu dalam lomba cerdas cermat soal Kadarkum,” terang La Ode Ena, saat dikonfimasi melalui telepon selularnya, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan itu, kata La Ode Ena dibagi dalam beberapa regu. Satu regu terdiri dari empat kabupaten. Muna sendiri masuk regu C bersama Kabupaten Buton Buteng dan Busel.

Selain itu, materi lomba dibagi tiga tahap, pertama masing masing Kabupaten mengajukan pertanyaan kepada Kabupaten lain.

Tahap dua pertanyaan bonus, soalnya disimpan dalam amplop. Masing masing Kabupaten mendapatkan dua soal. Ketiga soal rebutan dengan memencat tombol.

(Baca Juga : Wakili Pemda Kolaka di Ajang Kadarkum, Mahasiswa USN Sabet Juara 3)

“Saat babak penyisihan Muna berhasil mengumpulkan nilai sebanyak 1225 poin,” jelasnya.

Selanjutnya pada babak final ada empat Kabupaten yang lolos, yakni Kabupaten Bombana, Kolaka, Muna dan Kota Kendari.

Muna kembali berhasil mengumpulkan nilai tertinggi dengan 620 poin kemudian Bombana dengan 500 poin, disusul Kolaka 450 poin dan terakhir juara bertahan kota Kendari dengan mengoleksi 400 poin.

Kata Ena, materi yang dilombakan terkait Undang-undang seperti UU ITE, Terorisme, Perdagangan orang, Lalulintas dan angkutan jalan, Narkotika dan sistem Peradilan anak.

Capaian tersebut juga mengantarkan Muna sebagai wakil Sultra di tingkat nasional yang rencananya bakal dihelat di Jakarta pada bulan depan.

“Kita harus target juara lagi. Agar bisa mengharumkan nama daerah ditingkat nasional,” harapnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemda Muna terhadap capaian yang diraih.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Bupati Muna atas bimbingan dukungan selama ini. Mudah-mudahan kami mampu memberikan nilai terbaik di tingkat nasional nanti,” tuturnya. (b)

 


Kontributor : Nasrudin
Editor : Kiki
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib