iklan zonasultra

Musim Hujan, Dinkes Imbau Warga Kendari Waspada Diare dan Penyakit Kulit

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kendari Rahminingrum
Rahminingrum

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kerap dilanda hujan deras, Dinas Kesehatan Kota Kendari mengimbau seluruh warga ibu kota Sulawesi Tenggara (Sultra) itu untuk mengantisipasi berbagai dampak penyakit yang bisa ditimbulkan, seperti diare dan penyakit kulit.

Kepala Dinkes Kota Kendari, Rahminingrum mengungkapkan saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh puskesmas yang ada di Kota Kendari untuk melakukan persiapan terkait permasalahan kesehatan yang kerap terjadi saat bencana banjir.

Baca Juga : Dinkes Kendari Minta Puskesmas Amati Pasien Gejala Virus Corona

“Saya sudah mengimbau kepada seluruh puskesmas untuk melakukan koordinasi dengan seluruh camat dan lurah yang ada. Sehingga, ketika terjadi bencana tenaga kesehatan dengan berbagai penunjangnya siap memberikan penanganan kepada masyarakat,” ujarnya di Kendari, Kamis (27/2/2020).

Menurutnya, pada saat banjir, masyarakat benar-benar diimbau untuk mewaspadai penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Khususnya diare dan leptopsirosi yang diakibatkan oleh rusaknya sanitasi hingga menimbulkan permasalahan yang diakibatkan kebiasaan masyarakat buang air besar secara sembarangan.

“Dalam kondisi seperti ini, virus dan bakteri akan cepat berkembang,” ucapnya.

Baca Juga : Musim Hujan di Sultra Lebih Lama Dibanding Kemarau

Untuk itu, bagi masyarakat yang bertempat tinggal di daerah yang rawan terkena banjir diimbau agar bisa mempersiapkan diri secara dini guna menjaga kesehatannya, khususnya masalah BAB.

“Dinkes Kota Kendari akan siap siaga apabila terjadi bencana banjir hingga tanah longsor di Kota Kendari,” tutupnya. (B)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib