iklan zonasultra

Musim Penghujan, Ini Tips Dinkes Konut Agar Tak Mudah Terserang Penyakit

Kepala Dinkes Konut, Nurjannah Efendi
Nurjannah Efendi

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), mengimbau masyarakat di wilayah itu agar senantiasa menjaga pola hidup sehat dan mewaspadai penyakit pada musim penghujan seperti saati ini.

Kepala Dinas Kesehatan Konut, Nurjannah Efendi mengatakan, saat ini hampir setiap hari curah hujan terus turun melanda wialyah Bumi Oheo itu mulai dari intensitas ringan hingga lebat. Jika tidak diantisipasi dengan baik dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang sangat rentan menyerang masyarakat Konut.

Baca Juga : Dinkes Konut Pastikan Stok Vaksin Rabies Aman

iklan zonasultra

Wanita kerap disapa Nurjannah ini menyebutkan, di musim penghujan penyakit yang seringkali melanda warga antara lain, batuk, demam, diare, inpeksi saluran pernapasan, demam berdarah (DBD) dan gatal-gatal.

“Musim hujan saat ini virus dan bakteri dapat dengan mudah menyerang manusia. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, ini akan sangat rentan sakit. Olehnya itu, kita harus senantiasa mengutamakan hidup bersih. Dan segera memeriksakan kondisi kita ke tempat pelayanan kesehatan terdekat jika ada indikasi terserang penyakit,”kata wanita bergelar magister kesehatan ini dikonfirmasi, Senin (27/5/2019).

Guna membentengi diri dari penyakit, Nurjannah membagi tips kesehatan agar masyarakat bisa mengantisipasi penyebaran penyakit yaitu dimulai dari menjaga kebersihan lingkungan, barang-barang, diri dan pakaian agar bakteri dan virus tidak mudah masuk menyerang ke dalam tubuh.

Baca Juga : Dinkes Konut Perketat Laporan Kinerja ASN

Lanjutnya, selalu meneliti dan berhati-hati saat memilih makanan yang akan dikonsumsi, terlebih pada anak-anak. Biasakan mencuci tangan dengan alat pembersih sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Menjaga kondisi fisik agar dimusim penghujan saat ini tidak menjadi penghalang dalam beraktivitas.

“Tentunya juga kita harus senantiasa mengkomsumsi makanan yang sehat dan bergizi, agar daya tahan tubuh kita terjaga dan selalu menyeimbangi dengan istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh kita bisa lebih baik. Kalau punya waktu yang cukup biasakan juga berolahraga yang teratur,”ujarnya.

Dia menambahkan, dengan membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat dan bersih, diyakininya masyarakat bisa lebih mudah menjaga kesehatan, serta terhindar dari berbagai macama penyakit berbahaya. (a)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib