Musrenbang Provinsi, Ali Mazi Paparkan Program Prioritas 2020

Kembali Berkantor, Ali Mazi Vidcon dan Buka Musrembang Provinsi
MUSREMBANG - Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Wagub Lukman Abunawas bersama anggota Komisi XI DPR RI Amirul Tamim dan Haerul Saleh, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dody Riyadmadji, perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI saat membuka Musrembang Provinsi 2019 di Hotel Claro Kendari, Rabu (10/4/2019). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi membuka secara resmi, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sultra tahun 2019, Rabu (10/4/2019) di Hotel Claro Kendari.

Dalam kesempatan itu, Ali Mazi membahas empat program prioritas utama yang nantinya akan dimasukkan ke dalam RKPD 2020. Menurut Ali Mazi, dalam penyusunan RKPD tahun 2020 akan mengambil tema pembangunan, yakni peningkatan sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur dasar serta kewilayahan untuk pemerataan dan pertumbuhan.

(Baca Juga : Kembali Berkantor, Ali Mazi Vidcon dan Buka Musrembang Provinsi)

“Dengan empat prioritas, yakni peningkatan kualitas hidup masyarakat dan pemerataan akses terhadap pelayanan dasar, peningkatan daya saing perekonomian daerah, melalui peningkatan nilai tambah sektor-sektor unggulan. Juga praktek tata kelola pemerintahan yang baik dan pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui peningkatan infrastruktur dasar, serta wilayah untuk mendukung konektivitas,” terang Ali Mazi.

Ali Mazi menjelaskan, hal itu juga telah sejalan dengan tema dan prioritas pada rencana kerja pemerintah tahun 2020, yaitu peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan dan berkualitas melalui 5 prioritas. Prioritas yang dimaksud adalah pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, infrastruktur dan pemerataan wilayah, nilai tambah sektor riil, industrialisasi dan kesempatan kerja, ketahanan pangan, air, energi dan lingkungan hidup serta stabilitas pertahanan dan keamanan.

(Baca Juga : Tak Berkantor, Selama Ini Ali Mazi Chek Up di Rumah Sakit)

“Tema dan prioritas sebagaimana saya sebutkan tadi, akan menjadi arah dalam menyusun kebijakan pembangunan daerah untuk tahun 2020 dan nantinya menjadi tolok ukur keberhasilan pembangunan Pemerintah Provinsi Sultra, dengan visi yaitu terwujudnya Sulawesi Tenggara yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam Musrenbang tersebut turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri, Deputi Ekonomi Kemeterian Perencanaan Pembangunan Nasional, Ketua DPRD Sultra, Bupati/ Walikota se-Sultra serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kepala SKPD. (C)

 


Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib