iklan zonasultra

iklan zonasultra

Nelayan di Konut Siap-siap Terima KUSUKA

134
Nelayan di Konut Siap-siap Terima KUSUKA
ASURANSI JIWA - Bupati Konawe Utara, Ruksamin bersama Wakil Bupati Konut, Raup bersama Kepala Dinas DKP Konut, Deddi Riyanto dan jajarannya saat menyalurkan bantuan Rp 480 juta kepada masyarakat nelayan yang tertimpa musibah di kegiatan HPSN pantai taipa beberapa waktu lalu. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU-Sebuah program pemberdayaan terhadap para nelayan di Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan segera diluncurkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) daerah itu. Namanya Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan perikanan (KUSUKA). Sasarannya adalah ribuan nelayan yang tersebar di daerah itu.

Nantinya, KUSUKA yang merupakan gagasan brilian DKP Konut di bawah kepemimpinan Deddi Riyanto itu akan menggantikan manfaat dari Kartu Nelayan (KN) yang kini sudah dikantongi setidaknya 3.500 nelayan di daerah otorita Ruksamin-Raup itu. “Ini untuk peningkatan kesejatraan dan jaminan hidup para neyalan,” sebut Asriyanto, Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Tangkap DKP Konut, Minggu (12/08/2018).

Asriyanto menuturkan KUSUKA yang akan segera di luncurkan tahun ini memiliki manfaat lebih baik dari kartu nelayan yang selama ini digunakan para pelaut. Jika sebelumnya kartu nelayan hanya untuk santunan usuransi jiwa khusus nelayan saja, maka KUSUKA punya lima keunggulan usaha yg masuk didalamnya antra lain, untuk nelayan, pembudidaya, pengolah ikan, pemasar dan petambak gara.

“KUSUKA ini adalah pengganti kartu nelayan yang selama ini digunakan nelayan Konut. Sekarang masih sementara di identifikasi pendataannya oleh penyuluh kami. Di upayakan 2018 sudah di salurkan,”ujar pria berkulit putih ini, Minggu, (12/8/2018). Ia menambahkan, saat ini ada setidaknya 3.500 jiwa pemegang kartu nelayan.

“Itu akan didata ulang untuk memporoleh kartu KUSUKA. Kartu nelayan nantinya tidak berfungsi lagi kalau sudah dapat kartu ini,”imbuhnya. Berdasarkan regulasinya pergantian kartu nelayan menjadi KUSUKA di atur dala Peraturan Menteri (Peremen) KP no.39 tahun 2017.

Namun pelaksanaanya di 2018. Pihaknya menargetkan agar pelaku usaha bidang kelautan dan prikanan dapat terdata semua. Untuk pendataannya, di turunkan 15 orang penyuluh dari PNS dan pegawai vertikal KKP, Zona kerjanya telah terbagi dan sementara berjalan di seluruh wilayah konut.

Pihaknya berharap program baru tersebut, dapat berjalan dan termanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat nelayan. Dirinya memastikan penerima kartu KUSUKA betul-betul tepat sasaran, melihat pendataanya yang valid dan di verifikasi langsung oleh tim penyuluh yang di bentuk.

“Prosesnya agak panjang, kartu KUSUKA ini nantinya di terbitkan oleh Bank BNI sesuai tahapannya. Jadi nelayan tidak perlu lagi buka rekening dan kartu KUSUKA ini sudah berfungsi juga sebagai kartu ATM dan bisa di pakai untuk menabung,”tukasnya.(B)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Abdi MR

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib