iklan zonasultra

Nelayan Keciprat Bantuan di HUT Konut

Nelayan Keciprat Bantuan di HUT Konut
FOTO BERSAMA - Kepala Dinas DKP Konut, Deddi Riyanto Hamid beserta jajarannya melakukan foto bersama kepada para nelayan yang menerima bantuan dalam perayaan HUT Konut ke 12 di Kecamatan Molawe. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU – Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) ke 12 yang digelar di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Molawe, Rabu (2/1/2019) memberikan kebahagian bagi masyarakat nelayan yang berada di wilayah itu.

Para pelaut yang tergabung dalam sebuah wadah koperasi nelayan itu, mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda) setempat melalui Dinas Kelautan dan Prikanan (DKP) Konut.

Donasi yang diberikan kepada beberapa Koperasi nelayan antara lain, Koperasi Kadappo, Desa Laimeo, 5 unit kapal, Koperasi Sikkaririo, Desa Tanjung Bunga, 5 unit kapal, Koperasi Oteng Jaya Meohai, Desa Otipulu, 2 unit kapal, Koperasi Tapung Nusantara Bersama, Desa Tapunggaya, 2 unit kapal, dan Koperasi Ro’id Konut Sultra, Desa Larodangge, 2 unit kapal. Total 16 unit kapal.

Tak hanya itu, santunan yang diserahkan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Konut, Ruksamin-Raup di dampingi Kadis DKP Konut, Deddi Riyanto Hamid, juga memberikan faslitas alat tangkap di 11 desa antra lain, pukat udang di Desa Mataiwoi, Bandaeha, Molawe, Mowundo, Mandiodo dan Tapunggaya, Tapunopaka, Watukila, Otole, Barasanga, Toreo, dan Padaleu.

Selain itu, bantuan mesin honda 9 PK dan Pukat untuk satu kelompok nelayan di Desa Tapunopaka, Kecamatan Lasolo Kepulauan.

Kabid Tangkap DKP Konut, Asriyanto mengatakan, bantuan yang diberikan itu sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah kepada masyaraka, khususnya yang berprofesi sebagai nelayan. Pihakya berharap agar santunan yang telah diterima dapat dianfaatkan dan dikelolah dengan baik demi terwujudnya kehidupan yang sejahtera.

“Upaya kami sebagai pemerintah memberikan, dan menyediakan fasilitas sebagai penunjang para nelayan dalam beraktivitas sebagai pelaut. Tingggal para nelayan yang mengelolahnya agar supaya dapat maju dan berkembang,”kata pria berkulit putih ini di komfirmasi usai mendata bantuan yang disalurkan.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas DKP Konut, Deddi Riyanto menuturkan, sumber bantuan melalui Dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang dikoordinasikan langsung ke Pemerintah Pusat. Pihak
Pemerintah setempat turus mendorong peningkatan kesejahteraan dan jaminan hidup masyarakat nelayan melalui penyaluran fasilitas alat tangkap dan armada serta asuransi jiwa keselamatan.

“Semua tak lepas dari dukungan dan suport pimpinan daerah sehingga apa yang kami niatkan untuk membantu para nelayan kita dapat terwujud. Kami juga tetap mengharapkan kerjasama dari masyarakat agar bantuan yang diberikan dapat berjalan dengan baik. Tentu kami harap dan himbau agar bantuannya dikelola secara bersama-sama dan harus kompak,”ujarnya.

Sementara itu, salah satu koperasi penerima bantuan kapal nelayan dari Desa Laimeo, Aras, mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang diperoleh. Dirinya bersama anggota koperasi lainya, merasa sangat terbantu, apalagi kapal merupakan salah satu alat pendukung untuk memperoleh hasil tangkapan yang melimpah.Pihaknya optimis dapat mengelolah dengan baik bantuan yang diberikan.

“Kalau untuk modal pribadi kami tidak akan sanggup dan butuh proses lama untuk mendapatkan modalnya membuat kapal. Alhamdulilah ini luar biasa dan saya apresiasi kerja Pemerintah dan kepeduliannya kepada kami para nelayan,”tukasnya. (b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib