iklan zonasultra

New Normal, BKSDA Sultra Masih Menutup Tiga Kawasan Wisata

New Normal, BKSDA Sultra Masih Menutup Tiga Kawasan Wisata
Wisata Pulau Labengki

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Jelang penerapan new normal, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) masih menutup tiga kawasan taman wisata alam (TWA) dan belum ada rencana untuk dibuka kembali bagi pengujung.

Kepala BKSDA Sultra Sakrianto Djawie mengatakan, meski sudah akan memasuki new normal hingga saat ini belum ada arahan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) untuk membuka objek wisata di kawasan konservasi di Sultra.

Iklan Zonasultra

Objek wisata tersebut yakni TWA Teluk Lasolo Pulau Labengki, Konawe Utara (Konut), Permandian Air Panas Keakea di TWA Mangolo, Kolaka serta Air Terjun Moramo di Suaka Margasatwa (SM) Tanjung Peropa, Konawe Selatan (Konsel).

“Belum ada (yang dibuka). Masih melihat situasi dan kondisi pandemi Covid-19 dan menunggu surat edaran dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE),” ungkap Sakrianto melalui pesan WhatsApp, Senin (22/6/2020).

Penutupan sementara tiga kawasan itu dimulai sejak 16 Maret 2020 sampai dengan saat ini sebagai bentuk membatasi seluruh kegiatan di kawasan tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini.

Keputusan ini juga diambil sebagai tindaklanjut dari SE.MENLHK/SETJEN/SET.1/3/2020 tanggal 15 Maret 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di KemenLHK).

Kemudian surat dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) SE.3/KSDAE/SET/Peg.1/3/2020 tanggal 16 Maret 2020 untuk antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid-19 serta SE dari Gubernur Provinsi Sultra Nomor 443/1335 tanggal 17 Maret 2020 tentang imbauan mencegah penyebaran virus corona. (b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib