iklan zonasultra

Nikmati Keindahan Sunrise di Pantai Membuku Butur

Nikmati Keindahan Sunrise di Pantai Membuku Butur
PANTAI MEMBUKU - Pantai membuku di pagi hari, Senin(10/8/2020). Salah satu destinasi wisata alam yang berlokasi di Desa Kadacua, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). (M5/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BURANGA– Pantai Membuku menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Ereke, Buton Utara (Butur). Pasalnya wisata ini menyimpan pesona yang begitu indah.

Hamparan pasir putih terbentang luas ditemani barisan pepohonan kelapa. Di sini Anda dapat menikmati keindahan sunrise di pagi hari. Pantai membuku terletak di sebelah timur Kota Ereke dengan jarak tempuh kurang lebih 1 kilo meter (km) dari permukiman warga Desa Kadacua, Kecamatan Kulisusu.

Senin (10/8/2020) tim Zonasultra berjalan menyusuri garis pantai tersebut, nampak dari kejauhan ombak bergemuruh memecah keheningan pagi. Di sepanjang hamparan pasir putih terdapat gazebo yang dicat beranekaragam warna yang dilengkapi dengan tempat pembuangan sampah untuk menjaga kebersihan pantai tersebut.

Perairan Pantai Membuku berbatasan langsung dengan arus Laut Banda. Tak heran, jika terkadang berbagai jenis kapal lintas pulau menjadi pemandangan tersendiri ketika berlibur di sana.

Letaknya pun cukup strategis, sangat dekat dengan Kabupaten Wakatobi yang ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Dari Wakatobi ke Kulisusu hanya membutuhkan waktu sekitar tiga jam dengan kapal laut.

Semestinya pantai ini dapat menjadi wisata penyangga Wakatobi. Hanya saja dari segi promosi yang masih kurang. Dalam hal ini pemerintah daerah Butur masih kurang mengambil peran.

Kemudian, selain menjadi tempat wisata, Pantai Membuku juga dimanfaatkan masyarakat desa setempat untuk mencari berbagai jenis hasil laut.

Pantai Membuku juga telah diabdikan dalam sebuah lagu berjudul “Membuku” oleh La Ode Herman Iskandar.

Selain tentang keindahannya, syair lagu membuku juga menceritakan bagaimana anak-anak kecil bermain riang di pantai ini. Makna lain dari syair lagu bahwa pantai membuku berada di Kulisusu negeri tumpah darahku (lipu curu ano reangku). (b)

 


Penulis : M5
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib