iklan zonasultra

November 2019, DPMD Konut Gelar Pilkades Serentak di 88 Desa

Kepala DPMD Konut, Safruddin
Safruddin

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 88 desa yang tersebar di 13 kecamatan. Rencananya pilkades akan digelar akhir November 2019 nanti.

Kepala DPMD Konut, Safruddin menuturkan, desa yang akan menggelar pilkades serentak rata-rata dipimpin oleh penjabat sementara (Pj) hasil penunjukkan langsung dari pimpinan daerah. Serta yang habis masa jabatannya pada Januari 2020.

Baca Juga : DPMD Konut Minta Masyarakat Ikut Awasi Penggunaan Dana Desa

iklan zonasultra

“Yang habis masa jabatannya 35 desa, ini kita tarik untuk diikutsertakan pada pilkades 2019 ini. Sedangkan yang dijabat Pj 53 desa. Anggarannya sudah siap. Sebelumnya yang kita usulkan itu sekitar Rp1,2 miliar, tapi yang terealisasi Rp800 juta,” terang Safruddin melalui layanan WhatsApp, Rabu (11/9/2019).

Dikatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan proses tahapan. Tiap-tiap desa nantinya akan memperoleh dana kegiatan kisaran Rp7 juta lebih dan dikelola oleh panitia pelaksana hasil pembentukan di desa. Namun, jumlah itu bisa ditambah melalui swadaya dan swadana partisipasi para calon kades.

Baca Juga : Masyarakat Konut Diminta Awasi Dana BUMDes

“Bagi ASN yang akan ikut berkompetisi di pilkades diperbolehkan. Hanya harus mengikuti syarat aturan yang ditetapkan. Untuk lebih jelasnya silakan koordinasikan ke DPMD,” kata Safruddin. (b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib