iklan zonasultra

Oktober, 130 Desa di Konawe Gelar Pilkades Serentak

Ilustrasi
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Sebanyak 130 desa yang ada di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada bulan Oktober 2019 mendatang secara serentak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konawe, Keni Yuda Pratama menjelaskan pihaknya telah mengalokasikan anggaran melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk membiayai pesta demokrasi ini.

“Kalau kita berpatokan pada referensi Pilkades 2016 lalu, setiap desa diberikan anggaran sebesar Rp 5 juta, itu sudah termaksud biaya konsumsi, cetak lembar suara dan ATKnya, ” kata Keni Yuda, Senin (15/7/2019)

iklan zonasultra

Anggaran Pilkades kali imi kemungkinan masih akan bertambah, tergantung kebutuhan pelaksana kegiatan yaitu tim 9 yang akan dibentuk oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPB) setempat.

(Baca Juga : Gelar Pilkades Serentak, BPMD Konsel Butuh Anggaran Rp1,5 Miliar)

Mantan Camat Anggalomoare itu menyebut untuk desa yang berstatus petahana serta telah berakhir masa jabatan hingga waktu tahapan dimulai, pihaknya akan menyiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemda Konawe yang akan dijadikan sebagai pelaksana.

“Agar pemerintah desa ini tetap terselenggara, maka DPMD menyiapkan ASN yang bertugas sebagai pelaksana desa sementara,” terangnya.

Meski begitu, ia belum bisa merinci berapa total jumlah desa yang nantinya akan diisi oleh pelaksana desa sementara. Pun dia juga tidak mengetahui secata pasti alokasi anggaran keseluruhan yang telah disiapkan melalalui APBD Konawe. (B)

 


Kontributor : Restu Tebara
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib