Ombudsman Sultra Bakal Bentuk Tim Awasi Pelaksanaan UNBK 2018

unbk-2017
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Ombudsman Republik Indonesia (ORI), kantor perwakilan SUlawesi Tenggara (Sultra) dalam waktu dekat akan membentuk tim kecil untuk menerima aduan masyarakat terkait pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala ORI Kantor Perwakilan Sultra, Ahmad Rustam mengungkapkan tim yang dibentuk tersebut diperuntukan untuk sekolah tingkat SMP/MTs hingga SMA/SMK pada April 2018 mendatang.

“Karena pungutan liar kerap saja terjadi dalam pelaksanaan UNBK, maka kami membentuk tim ini,” kata Ahmad, Rabu (21/2/2018).

(Baca Juga : Koordinator Proktor Sultra Pastikan UNBK 2018 di Kendari Berjalan Lancar)

Sebenarnya, kata dia pada tingkat SD dan SMP pada prinsipnyasesuai dengan Permendikbud Nomor 44 tahun 2012, telah dinyatakan bahwa sumber pendanaan boleh dengan sumbangan. Namun, sumbangan tersebut tidak boleh mengikat, mulai dari segi jumlah batas.

Untuk itu, apabila sekolah tersebut belum siap melaksanakan UNBK, banyak langkagh-langkah yang dapat diambil, misalnya bekerjasama dengan sekolah lain, yang memiliki komputer memadai, sehingga siswa tidak diberatkan dalam pelaksanaan UNBK nantinya.

Terkahir, Ia mengharapkan, pembentukan tim kecil tersebut dapat bekerja maksimal dalam melakukan pengawasan pelaksanaan UNBK tahun ajaran 2017/2018. (B)

 


Reporter : Sri Rahayu
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib