Operasi Bandara Sugimanuru Tunggu Izin Prinsip Kemenhub

Bupati Muna LM Rusman Emba
LM Rusman Emba

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pengoperasian Bandara Sugimanuru yang terletak di Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) masih menunggu izin prinsip dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI).

Bupati Muna LM Rusman Emba
LM Rusman Emba

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Muna LM Rusman Emba saat ditemui di Kendari, Jumat (13/1/2017). Menurutnya secara teknis Bandara Sugimanuru sudah memenuhi syarat.

“Untuk semua kesiapan teknis sudah memenuhi syarat, tinggal kesiapan administrasi yaitu izin prinsip dari Kemenhub,” ungkap Rusman.

Rusman mengaku, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna sudah melakukan pembicaraan dengan Kemenhub terkait izin pengoperasian Bandara Sugimanuru.

“Terkait izin prinsip untuk pengoperasian Bandara Sugimanuru kita sudah sampaikan di Kemenhub. Kami dijanji waktu itu sekitar satu sampai dua minggu, tapi sampai saat ini belum terealisasi. Mungkin karena kesibukan Pak Menteri,” ujarnya.

Rusman berharap dalam minggu ini izin prinsip untuk pengoperasian Bandara Sugimanuru dari Kemenhub bisa terealisasi. Sehingga akhir bulan Januari bandara yang dibangun pada era pemerintahan Ridwan Bae ini sudah bisa beroperasi.

Lebih lanjut Rusman menuturkan, untuk maskapai penerbangan, Pemda Muna sudah melakukan pembicaraan dengan maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air dan itu sudah disahuti oleh mereka.

“Maskapai Lion Air dan Garuda Indonesia sudah siap. Mereka juga sudah siapkan pesawatnya. Jenis pesawatnya itu jenis Avions de Transport Regional (ATR) atau pesawat turboprop dengan kapasitas 42 orang penumpang,” tandasnya. (B)

 

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here