iklan zonasultra

Operasi Zebra 2020, Jumlah Pemohon SIM di Kolut Meningkat

Kasat Lantas Polres Kolut Iptu Sarif
Iptu Sarif

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kolaka Utara (Kolut) mencatat adanya peningkatan Pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) selama adanya Operasi Zebra Anoa 2020 yang di mulai 26 oktober hingga 8 november ke depan.

Kasat Lantas Polres Kolut Iptu Sarif menuturkan, sebelum dilaksanakan Operasi Zebra jumlah pemohon SIM di Kolut hanya berkisar enam sampai 10 orang perhari. Namun sejak operasi tersebut digelar, angka yang mengajukan permohonan baru ataupun perpanjangan meningkat menjadi 20 sampai 30 pemohon setiap hari.

Kata dia, tingkat kesadaran pengendara untuk menaati aturan lalu lintas meningkat selama sosialisasi Operasi Zebra tersebut. Peningkatan ini mulai terjadi sejak awal operasi.

Kondisi ini menunjukkan bahwa kesadaran untuk membuat SIM berlaku hanya saat operasi digelar. Sementara hari-hari biasa, kesadaran masyarakat dalam melengkapi surat mengemudi justru menurun.

“Iya ada peningkatan jumlah pemohon dibandingkan sebelum operasi zebra ini digelar, dalam setiap hari rata-rata pemohon mencapai 20 sampai 30 pemohon,” kata Kasat Lantas kepada awak Zonasultra.com Senin (2/11/2020).

Dia mengatakan, dalam proses pembuatan SIM pihaknya telah menyiapkan petugas khusus di bagian pelayanan agar mempermudah pemohon surat izin. Kendati demikian tetap mengikuti aturan dengan melakukan tes secara online dinyatakan lulus dalam tes praktik dan teori yang ditentukan.

“Dari banyak pemohon tidak semua bisa lolos karena ada tes yang harus dilewati sampai benar-benar mengetahui aturan lalu lintas,” ujarnya.

Ia menambahkan, selama Operasi Zebra Anoa berjalan tiga hari awal pelaksanaan pihaknya mendapat instruksi untuk tidak melakukan penindakan kepada roda dua maupun roda empat. Hal itu dilakukan karena adanya evaluasi himbauan protokol kesehatan Covid-19 di tempat-tempat keramaian seperti pasar, pelabuhan penyebrangan dan tempat-tempat wisata.

“Penindakan sudah tidak ada, kita hanya fokus ke himbauan dan kegiatan-kegiatan sosial di tempat keramaian seperti pembagian masker dan pembagian sembako kepada warga kurang mampu,” ujarnya.

Ia berharap pengendara tetap budayakan keselamatan berlalu lintas sebagai kebutuhan dan tetap melengkapi surat-surat sebelum berkendara. (b)

 


Kontributor: Rusman
Editor: Rizki Arifiani

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib