iklan zonasultra

Pakaian Adat Ramaikan Karnaval Anak di Mubar

Pakaian Adat Ramaikan Karnaval Anak di Mubar
KARNAVAL ANAK - TK PGRI Mekar Jaya saat menampilkan beragam pakaian adat dalam karnaval kemerdekaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 RI, Kamis (15/8/2019). (Kasman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Pakaian adat dari berbagai suku di Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tengggara (Sultra) meramaikan karnaval anak Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kabupaten Muna Barat dalam rangka memperingati HUT RI ke-74, Kamis (15/8/2019).

Ada 41 barisan dari 113 TK/PAUD yang mengikuti karnaval kemerdekaan ini. Para peserta berjalan sekitar satu kilometer mulai dari depan Balai Desa Suka Damai dan finish di depan Rujab Bupati Mubar.

Pantauan zonasultra.com, selain mengenakan baju adat, peserta karnaval juga tampil menggemaskan dengan mengenakan pakaian anggota polisi, TNI, guru, dokter, dan profesi lainnya.

iklan zonasultra

Ketua Panitia Karnaval yang juga Kabid PAUD dan Dikmas Diknas Mubar, Ashar Kaendo mengatakan, karnaval ini untuk menjunjung tinggi keberagaman budaya di Mubar sebagai wujud memeriahkan HUT kemerdekaan Indonesia. Apalagi Mubar merupakan miniatur Indonesia mini.

Baca Juga : Ringankan Beban Orang Tua Siswa, Pemda Mubar Bagikan Seragam Sekolah Gratis

“Jadi yang ditampilkan anak TK/PAUD pakaian adat dari beberapa suku yang ada di Mubar, baik pakaian adat Muna, Jawa, Bali, Sunda, Bugis dan lainnya. Secara tidak langsung kita memberikan pembelajaran kepada anak-anak agar tahu keberagaman negaranya,” kata Ashar Kaendo ditemui usai karnaval.

Ashar mengatakan, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan semangat nasiolisme sekaligus memeriahkan HUT RI. Ia berharap kegiatan ini akan menambah semangat kepedulian dan cinta tanah air para generasi muda Mubar.

Karnaval anak ini juga turut disaksikan Bupati Mubar La Ode M Rajiun Tumada, Wakil Bupati Achmad Lamani, Sekda LM Husein Tali, Ketua PKK Mubar Herlina Jie Susilawati Madek Rajiun, Danramil Tikep, Camat Tiworo Tengah, dan masyarakat sekitar. (b)

 


Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib