iklan zonasultra

PAN dan Demokrat Usung Ridwan Zakaria – Ahali di Pilkada Butur 2020

Ridwan Zakaria - Ahali
Ridwan Zakaria - Ahali

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kontelasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 mulai mengeliat lagi di tengah pandemi Covid-19, setelah pemerintah pusat menetapkan pemungutan suara 9 Desember 2020. Kendati rekomendasi sejumlah partai untuk pasangan calon (paslon) belum turun, namun sejumlah partai politik (parpol) mulai menyiapkan diri.

Termasuk Partai Amanat Nasional (PAN) dan Demokrat. Di Pilkada Buton Utara (Butur) dua partai itu sudah menetapkan arah dukungan untuk pasangan Ridwan Zakaria – Ahali.

PAN dan Demokrat bila berkoalisi sudah memenuhi syarat 4 kursi di parlemen untuk mengusung kandidat. PAN memiliki 5 kursi, sedangkan Demokrat 2 kursi di DPRD Butur.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulawesi Tenggara (Sultra) Abdurrahman Shaleh mengatakan, di Pilkada Butur PAN mendukung Ridwan Zakaria, karena mantan Bupati Butur itu merupakan kader PAN dan dianggap sangat berjasa bagi PAN di Sultra. Selain itu, Ridwan juga memiliki elektabilitas tinggi.

“Pak Ridwan Zakaria telah membesarkan PAN di Butur. Selain itu, ia juga merupakan kader, dan PAN sangat memprioritaskan kader untuk diusung,” kata Rahman di Sekretariat DPRD Sultra, Kamis (11/6/2020).

Ketua DPRD Sultra itu menuturkan, untuk Pilkada tujuh daerah di Sultra PAN memprioritaskan kader. Alasannya karena tidak ingin lagi ada calon kepala daerah yang menjadikan PAN sebagai kendaraan politik sesaat.

“Pokoknya kita memprioritaskan kader, agar tidak ada lagi yang numpang sesaat,” ujarnya.

Sementara terkait dengan surat rekomendasi DPP PAN,untuk dukungan bakal calon kepala daerah, Rahman mengatakan, dalam waktu dekat akan segera dikelurkan. “Tunggu saja dalam waktu dekat. Mungkin akhir bulan ini,” katanya.

Hal senada diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sultra Muhammad Endang. Diakui alasan mendukung Ridwan Zakaria – Ahali, karena pasangan ini memiliki elektabilitas yang sangat tinggi.

Karena itu, dari tujuh daerah yang melangsungkan Pilkada serentak di Sultra, Demokrat baru mengeluarkan rekomendasi di dua daerah yakni, di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dan Buton Utara. Untuk Konkep, pihaknya merekomemdasikan petahana Amrullah, yang digadang-gadang kembali berpasangan dengan Muhammad Lutfi.

Sementara rekomendasi DPP untuk empat daerah lainnya yakni Muna, Wakatobi, Konawe Selatan, dan Kolaka Timur bakal dikeluarkan bulan Juni 2020 ini. Sedangkan di Pilkada Konawe Utara, Demokrat tidak bisa mengusung calon kepala daerah, karena tidak memiliki kursi di DPRD daerah itu. (a)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib