iklan zonasultra

Pandemi Covid-19, BPR Bahteramas Bagi-bagi Dividen di Konkep

Pandemi Covid-19, BPR Bahteramas Bagi-bagi Dividen di Konkep
DIVIDEN- Direktur Utama (Dirut) BPR Bahteramas Konawe Ahmat saat menyerahkan secara simbolis dana dividen Rp75 juta kepada Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) Amarullah pekan lalu, Jumat (19/6/2020) di Rujab Bupati Konkep. (ISTIMEWA)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bahteramas Konawe secara resmi membagikan dividen kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) dan 58 pemerintah desa setempat pekan lalu, Jumat (19/6/2020) di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Konkep.

Direktur Utama (Dirut) PT BPR Bahteramas Konawe Ahmat mengatakan, pembagian dividen itu telah menjadi kewajiban bank kepada para pemilik saham yang dibayarkan setiap tahunnya. Total dividen yang diserahkan di Konkep sebanyak Rp293,9 juta.

Adapun rinciannya untuk Pemkab Konkep sebesar Rp75,9 juta dengan kepemilikan saham 1,40 persen kemudian pemerintah desa se-kabupaten Konkep Rp218 juta dengan kepemilikan saham 5,23 persen.

“Setiap desa ini mendapatkan tiga hingga empat juta,” ungkap Ahmat saat ditemui di Kendari, Senin (22/6/2020) malam.

Ahmat menjelaskan BPR Bahteramas terus berkomitmen menjalankan fungsi intermediasi bank guna mengembangkan bisnis di wilayah Konkep. Apalagi saat ini total pinjaman dana (kredit) yang berada di Konkep mencapai Rp1,2 miliar meskipun belum ada kantor cabang yang beroperasi di lokasi tersebut.

Melalui rapat koordinasi bersama pemerintah kabupaten dan DPRD dalam rangka pembagian dividen dan pembahasan kebijakan strategis bisnis BPR Bahteramas, Ahmat meminta pemerintah kabupaten dapat melakukan penyertaan modal tambahan sebagai bentuk dukungan pemerintah kabupaten.

“Permintaan ini saya sampaikan dan pak bupati beserta unsur pimpinan dewan sangat merespon dan insya Allah akan direalisasikan. Dan dalam waktu ini pembahasan draft perda penyertaan modal BPR bakal digelar,” katanya.

Bupati Konkep Amarullah menyampaikan apresiasi kepada BPR Bahteramas atas penyaluran dividen tersebut, menurutnya kehadiran bank ini dapat membantu geliat pertumbuhan ekonomi setempat karena di Konkep baru ada dua bank lain sehingga kehadiran BPR menjadi pilihan baru bagi masyarakat.

Ia berharap ke depan BPR Bahteramas Konawe segera membuka kantor cabang di Konkep sehingga akses masyarakat lebih mudah dan cepat.

Perihal permintaan untuk penyertaan modal, ia mengatakan akan melakukan hal tersebut dengan melihat kondisi keuangan kas daerah dan tetap akan diprioritaskan. Tak hanya dirinya, Wakil Ketua DPRD Konkep Imanuddin turut memberikan dukungan kepada pemerintah untuk menyertakan modal tambahan ke BPR Bahteramas Konawe.

Ia menilai keberadaaan BPR Bahteramas di daerah sama seperti bank pada umumnya yang membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan modal usaha atau pinjaman kredit sehingga tetap menjadi perhatian pemerintah.

“Ya Bahteramas ini seperti BPD sama-sama bank daerah yang harus kita prioritaskan. Tentu penyertaan modal ini harus kita bahas bersama dan tentu kami dukung,” ujarnya melalui sambungan telepon seluler.

Kepala Desa Langara Indah, Kecamatan Wawonii Barat Bahuddin mengungkapkan penerimaan dividen dari BPR Bahteramas Konawe sangat membantu pemerintah desa. Selain itu, kehadiran BPR Bahteramas di Konkep sangat dibutuhkan masyarakat.

Ia juga berharap bank tersebut segera membuka layanan kantor cabang di Konkep dalam waktu dekat. Diketahui posisi tahun 2020 modal dari BPR Bahteramas Konawe Rp13,67 miliar dengan total aset mencapai Rp49 milar. Hal ini membuktikan bahwa kinerja bank tersebut dalam kategori baik dan mampu menjalankan fungsi intermediasi dengan baik.

Kegiatan pemberian dividen itu juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Konkep Ishak,

Kepala Dinas Permberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konkep Mihdar, jajaran direksi BPR Bahteramas Konawe Direktur Operasional Syahrir beserta kepala desa dan lurah se-Kabupaten Konkep. Pelaksanaan kegiatan tersebut pun dilakukan sesuai dengan standar protokol kesehatan covid-19.

 


Penulis: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib