iklan zonasultra

Panel Solar System Raib, Jalan di Desa Mataiwoi Gelap Gulita

Panel Solar System Raib, Jalan di Desa Mataiwoi Gelap Gulita
LAMPU TENAGA SURYA - Warga di Desa Mataiwoi Kecamatan Ngapa Kabupaten Kolaka Utara mengeluh karena kondisi jalan di wilayah mereka gelap gulita. Hal itu menyusul lampu tenaga surya (panel solar system) yang terpasang di salah satu sudut jalan di wilayah itu raib. (Rusman Edogawa/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Warga di Desa Mataiwoi Kecamatan Ngapa Kabupaten Kolaka Utara mengeluh karena kondisi jalan di wilayah mereka gelap gulita. Hal itu menyusul lampu tenaga surya (panel solar system) yang terpasang di salah satu sudut jalan di wilayah itu raib.

Kepala Desa (Kades) Desa Mataiwoi Muhsin membenarkan Raibnya panel solar system sejak tiga hari lalu tepatnya pada Minggu 11 November lalu.

Muhsin mengatakan tak mengetahui siapa yang mengambil panel solar system itu. Namun dia menduga pemutusan itu dilakukan oleh kontraktor. Beberapa waktu lalu jelas Muhsin dirinya pernah dikontak seseorang yang mengaku kontraktor. Sang kontraktor mengatakan pihaknya memiliki tunggakan sebanyak Rp 20 juta untuk pengadaan lampu yang menggunakan tenaga surya itu. Sayangnya saat itu Muhsin tak menggubris, karena pengadaan panel solar ini merupakan program dari pejabat desa sebelumnya yakni Hasunuddin Hasan, yang sedianya sudah menyelesaikan pembayaranya sejak 2015 lalu.

“Sudah diambil kembali oleh kontraktor dan hanya menyisahkan tiang sementara lampu dan baterai serta komponen-komponen lainnya sudah tidak ada. Hanya tiang saja pak yang tidak diambil,” jelas Muhsin.

Sementara itu, warga Mataiwoi Firdaus mengaku meyaksikan saat dua orang tak dikenal datang mengambil panel lampu menggunakan mobil.

“Saya tidak tanyakan mereka dari mana, hanya sempat dia bilang sudah ketemu kepala desa. Karena tidak ada kepastian kapan mau dibayar makanya mereka cabut,”kata Firdaus.

Firdaus pun menyayangkan pencabutan panel solar tersebut mengingat warga sangat membutuhkan penerangan untuk memudahkan warga beraktivitas di malam hari. B

 


Reporter : Rusman Edogawa
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib