iklan zonasultra

Panitia Penjaringan Tetapkan 6 Kandidat Calon Rektor IAIN Kendari

Panitia Penjaringan Tetapkan 6 Kandidat Calon Rektor IAIN Kendari
IAIN KENDARI - Panitia penjaringan (Panja) bakal calon rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari telah menetapkan enam bakal calon rektor masa jabatan 2019-2023. (M1/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Panitia penjaringan (Panja) bakal calon rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari telah menetapkan enam bakal calon rektor masa jabatan 2019-2023. Penetapan itu tertuang dalam Surat Keputusan Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor IAIN Kendari Nomor 001 Tahun 2018 tertanggal 23 November 2018.

Enam calon tersebut adalah Faizah Binti Awad, Husain Insawan, Kasjim, Muh. Alifuddin, Pairin, dan St Kuraedah.

Ketua Panja Nanang Fatchurochman mengatakan, pihaknya telah melakukan verifikasi secara obyektif terhadap seluruh berkas bakal calon yang mendaftarkan diri mulai 6 – 16 November 2018 lalu.

iklan zonasultra

Dari 8 orang pendaftar, 6 diantaranya memenuhi persyaratan administrasi sesuai yang ditetapkan dalam PMA Nomor 68 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor dan Ketua pada Perguruan Tinggi Keagamaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7293 Tahun 2015 tentang Pedoman Penjaringan, Pemberian Pertimbangan dan Penyeleksian Rektor/Ketua Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri pada Kementerian Agama.

“Sedangkan dua bakal calon lainnya, yaitu Wahyudin Maguni dan Nur Alim dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi,” terang Nanang saat dihubungi, Sabtu (24/11/2018)

Dia menjelaskan, Wahyudin Maguni dinyatakan gugur karena belum memenuhi persyaratan pengalaman manajerial pada perguruan tinggi paling singkat selama dua tahun. Sedangkan Nur Alim gugur karena berkas yang diajukan hanya berisi formulir pendaftaran tanpa dilengkapi dengan persyaratan administrasi lainnya.

Menurut Kepala Biro IAIN Kendari ini, hasil penetapan panitia penjaringan akan diserahkan kepada Rektor IAIN Nur Alim, pada Senin, 26 November 2018.

Nama-nama calon tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada senat institut untuk pemberian pertimbangan sebelum sampai pada tahapan uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi Seleksi Calon Rektor/Ketua PTKIN Kementerian Agama.

Rektor IAIN Kendari saat ini, Nur Alim, dilantik pada 4 Maret 2015 silam oleh Menteri Agama RI untuk masa jabatan 2015 – 2019. Sebelum masa jabatan rektor berakhir, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui surat Nomor 3841/Dj.I/Dt.I.III/Kp.07.6/09/2018 tertanggal 28 September 2018 meminta agar tahapan penjaringan bakal calon rektor segera dilaksanakan untuk menghindari terjadinya kekosongan pimpinan PTKIN.

Pada surat tersebut menyebutkan, tahapan uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi Seleksi Calon Rektor/Ketua PTKIN akan dilaksanakan pada Desember 2018. (/b)

 


Kontributor: M1
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib