Partisipasi Pemilih Mubar Menurun, KPU Butuh Peran Relasi

Partisipasi Pemilih Mubar Menurun, KPU Butuh Peran Relasi
PELANTIKAN - Sebanyak 55 relawan demokrasi (Relasi) resmi di lantik oleh ketua komisi pemilihan umum (KPUD) Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dilaksanakan di kantor KPU setempat, Kamis (17/1/2019) sore tadi. (Kasman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Partisipasi pemilih di Muna Barat (Mubar) cenderung menurun berdasarkan dua kali pemilihan yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018. Olehnya dibutuhkan peran Relawan Demokrasi (Relasi) untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Pada pilkada tahun 2017 angka partisipasi pemilih di Mubar mencapai 84,6 persen dan ini terbesar secara nasional serta masuk tiga besar. Namun, pada Pilgub 2018 angka partisipasi pemilih di Mubar menurun dratis yakni angka partisipasipasi pemilih hanya 69 persen.

iklan zonasultra

“Tentunya ini tidak mencapai angka partisipasi yang ditetapkan secara nasional yakni 77 persen. Olehnya itu, kita mengadakan perekrutan relawan (Relasi) ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Ketua KPU Mubar, Awaluddin Usa usai melantik 55 orang Relasi di kantor KPU setempat, Kamis (17/1/2019) sore tadi.

Dengan kehadiran para relawan, Awal berharap bisa melahirkan konsep-konsep yang baru terkait dengan metode sosialisasi yang efektif. Sehingga, kemudian angka partisipasi pemilih d Mubar dapat meningkat seperti di tahun 2017 yang lalu.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh relawan demokrasi yang dilantik hari ini dan selamat bergabung di keluarga besar KPU Mubar. Saya harapkan kepada seluruh relasi dapat bisa membantu kinerja KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih dan mensukseskan Pemilu serentak yang akan dilakukan pada 17 April 2019 nanti,” kata Awal.

55 orang Relasi yang dilantik diyakini memiliki konsep yang baik dan memiliki ilmu komunikasi yang baik di masyarakat, sebagai alat ukur kerjanya. Intinya, bagaimana relawan itu bisa berkomunikasi menyampaikan semua informasi terkait dengan tahapan pelaksanaan pemilu.

Sebelum seluruh relasi ini diturunkan di lapangan sesuai basisnya masing-masing, lanjut Awal, pihaknya akan melaksanakan orientasi atau bintek dan tugas relawan.

“Jadi kita akan bekali terkait dengan informasi sedetail mungkin tentang pelaksanaan pemilu 2019. Kalian (relawan) akan melaksanakan tugas sesuai basisnya memberikan pehaman sedetail apapun kepada pemilih dengan tujuan peningkatan partisipasi pemilih,” ungkapnya.

Saat ini banyak masyarakat di luar sana yang belum memahami terkait dengan hak-hak konstitusi mereka sebagai warga negara dalam pemilu ini. Kata Awal, hal itu, menjadi tugas para relawan, sehingga para pemilih mengetahui hak-haknya. (B)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib