iklan zonasultra

Pasca Dilantik, Arusani Bakal Rotasi Seluruh OPD di Busel

Bupati Buton Selatan (Busel) La Ode Arusani
La Ode Arusani

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Bupati Buton Selatan (Busel) La Ode Arusani langsung mengirimkan sinyal akan merotasi seluruh jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hanya beberapa jam setelah dilantik sebagai Bupati oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi di rumah jabatan gubernur, Selasa (31/12/2019).

Arusani mengaku bakal langsung melakukan evaluasi terhadap kinerja OPD tersebut. Evaluasi berdasarkan kompetensi sesuai bidang keilmuan masing-masing. Total ada 33 dinas yang akan dilakukan rotasi dan mutasi jabatan. Hal itu dilakukan setelah masa libur tahun baru 2020.

“Evaluasinya setelah berjalan normal tahun baru, mulai dari Januari. Januari sudah ada. Rotasi berdasarkan kompetensi masing-masing, sesuai bidang keilmuan,” jelas Arusani saat ditemui di salah satu hotel di Kendari, Selasa (31/12/2019).

Ia mengaku akan menempatkan kepala OPD sesuai kompetensi dan lulusan serta keahlian. Namun, menurut Arusani tidak menutup peluang menempatkan OPD yang memiliki keahlian di bidang tertentu meski berbeda dengan kompetensi lulusan.

(Baca Juga : Kado Akhir Tahun, Arusani Resmi Jadi Bupati Busel Definitif)

“Kalau dari guru, misalnya dia disimpan di OPD sini kan. Dari guru ke inspektorat kan tidak akan sesuai atau di keuangan lebih parah lagi. Jadi lebih dicocok-cocokan, misalnya guru di perpustakaan. Tapi ada juga guru mau ditaro di manapun jadi,” tegasnya.

Kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini menegaskan, OPD yang akan diamanahi untuk menduduki jabatan baru mesti paham juga dengan bidang pekerjaannya. Bila tidak, maka daerah tidak akan berkembang.

Arusani beralasan, rotasi jabatan dilakukan untuk memberi penyegaran kepada pegawai dan ASN agar lebih semangat dalam bekerja membantu dirinya mengembangkan Buton Selatan yang sejahtera.

“OPD 33 Dinas, diroling semuanya, biar dia semangat semuanya,” pungkasnya. (b)

 


Kontributor: Fadli Aksar
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib