iklan zonasultra

Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kolaka Sempat Menolak Diisolasi

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka, dr Muhammad Aris
dr Muhammad Aris

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Salah satu warga yang dinyatakan positif Covid-19 sempat menolak menjalani isolasi di SIKIM Kolaka saat dijemput oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka di rumahnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka dr. Muhammad Aris mengatakan, tim gugus tugas sempat kewalahan saat melakukan proses evakuasi terhadap warga Kelurahan Lalombaa, Kecamatan Kolaka itu.

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu tiba di SIKIM Kolaka sekitar pukul 17.44 WITA.

“Pria tersebut menempati salah satu ruangan yang sudah disiapkan oleh petugas,” kata Muhammad Aris di SIKIM Kolaka, Jumat (12/6/2020).

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu sempat menolak karena tidak percaya positif Covid-19. Kendati demikian, ia terlihat dengan tenang menuju mobil ambulans yang datang menjemputnya sambil menenteng tas pakaian.

Dalam video juga terlihat warga beramai-ramai menyaksikan proses evakuasi yang dilakukan oleh tim gugus tugas terhadap warga Kecamatan Kolaka ini. Warga pun terdengar menyemangati dan mendoakan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 segera sembuh dari wabah tersebut.

“Meskipun sempat menolak, akan tetapi setiba di lokasi isolasi, ia dengan patuh menempati ruangan isolasi yang telah disiapkan,” tambahnya.

Dijelaskan, warga tersebut merupakan satu dari lima orang yang dinyatakan positif Covid-19 di Kabupaten Kolaka pada Jumat (12/6/2020) berdasarkan hasil pemeriksaan swab. Mereka sebelumnya mengikuti rapid test secara random yang dilakukan oleh tim gugus tugas dengan menunjukkan hasil yang reaktif.

Mereka adalah perempuan 42 tahun, laki-laki 45 tahun, laki-laki 45 tahun, perempuan 45 tahun, dan Laki-laki 16 tahun. Kelima pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini tersebar di Kecamatan Kolaka, Kecamatan Watubangga, dan Kecamatan Pomalaa.

Sementara empat lainnya juga sudah berada di lokasi isolasi setelah dijemput oleh petugas. Sebelum pasien tiba pihaknya telah menyiapkan tempat perawatan supaya tidak perlu bergabung dengan pasien lainnya.

Tak henti-hentinya masyarakat diingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19. Seperti, penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak aman terhadap orang lain. Masyarakat diharapkan bisa saling mendukung dan mengingatkan satu sama lainnya.

Untuk diketahui, ODP di Kolaka sebanyak 151 orang, 147 orang selesai masa pemantauan, saat ini empat ODP sementara dalam proses pemantauan. PDP belum ada perubahan, masih tiga kasus lama yang satu meninggal dunia dan dua sudah dinyatakan sembuh.

Sedangkan terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak sembilan orang, tiga orang kasus lama dinyatakan sembuh, serta satu orang kasus lama dan lima orang kasus baru tengah menjalani proses perawatan di SIKIM Kolaka. (a)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib