iklan zonasultra

Paslon HATI Berharap Paslon HALO Tak Ajukan Gugatan

Pilkada Wakatobi, HALO nomor 1, HATI nomor 2
Arhawi-Hardin Laomo (HALO) dan Haliana-Ilmiati Daud (HATI)

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI-Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Haliana-Ilmiati Daud (HATI) nomor urut 2 siap menghadapi gugatan lawan politiknya Arhawi-Hardin Laomo (HALO) nomor urut 1 pada pemililihan kepala daerah (pilkada) Wakatobi 2020.

Namun demikian, Haliana calon bupati dari paslon HATI berharap paslon HALO tidak melakukan gugatan agar ia dan calon wakilnya, Ilmiati Daud mulai fokus konsolidasi, kerja lebih cepat dalam waktu 6 bulan sebelum pelantikan. Untuk menyusun program, dan melakukan koordinasi dengan pemerintah Provinsi dan pusat, guna menata Wakatobi yang lebih maju dan sejahtera.

“Kita berharap tidak ada gugatan, kendati selisih perolehan suara antara HATI dan HALO cukup jauh serta lebih dari ambang batas 2 persen,” ujar Haliana.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat, dirinya bersama Ilmiati Daud akan melakukan rekonsiliasi, menyatukan perbedaan semua masyarakat Wakatobi pasca- Pilkada sehingga berperan lebih aktif dalam pembangunan.

Sementara itu, paslon HALO sekaligus Bupati Kabupaten Wakatobi, Arhawi mengatakan
Pleno KPU itu baru perhitungan siapa suara terbanyak, tetapi belum penetapan KPU.

“Kita tunggu perkembangannya satu atau dua hari ini, kita pelajari dulu. Belum terakhir sampai hari senin, jadi kita tunggu saja,”singkatnya saat ditemui di pelataran kantor Bupati Wakatobi, Jumat, (18/12/2020).

Sebelumnya Ketua KPU kabupaten Wakatobi, Abdul Rajab menyebutkan, rincian perolehan suara pasangan calon nomor urut 1 Arhawi-Hardin Laomo jumlah suara 29.901. Nomor urut 2 Haliana-Ilmiati Daud 31.937.

“Jumlah suara sah 61.838, jumlah suara tidak sah 603, sedangkan jumlah suara sah dan suara tidak sah sebanyak 62.441. Ditetapkan di Wangiwangi pada tanggal 16 Desember 2020 pada jam17.38 WITA,” kata Abdul Rajab saat membacakan hasil perhitungan suara.

Sebagai informasi hasil perhitungan suara tersebut berdasarkan keputusan Pleno KPU Nomor 326/PL.02.6-KPT/7407/KPU-Kab/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wakatobi tahun 2020.

Pasangan HATI diusung Partai Nasdem, PDIP dan PBB dengan perolehan kursi sebanyak 9 kursi. Sedangkan pasangan HALO diusung partai Golkar, Demokrat, PAN, Gerindra dan Hanura, dengan perolehan kursi sebanyak 16 kursi. (b)

 


Kontributor : Nova Ely Surya
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib