iklan zonasultra

PDIP Umumkan Empat Balon Kada Wilayah Sultra

PDIP Umumkan Empat Balon Kada Wilayah Sultra
REKOMENDASI PDIP - Ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas bersama empat pasang bakal calon kepala daerah yang diusung PDIP saat mengikuti webinar pengumuman pasangan calon kepala daerah di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (11/8/2020). (Foto: Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kembali mengeluarkan rekomendasi bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati empat Kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang bakal menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Keempat pasangan balon kepala daerah (kada) yang diberikan rekomendasi itu yakni, pasangan LM Rusman Emba – Bachrun Labuta untuk Pilkada Muna, pasangan Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae di Konawe Selatan (Konsel).

Selanjutnya, PDIP juga merekomendasikan petahana di Pilkada Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), yakni Amrullah dan Andi Muhammad Lutfi. Sementara untuk Pilkada Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), partai besutan Megawati Soekarnoputri itu memberi rekomendasi ke pasangan Syamsul Bahri – Andi Merya Nur.

Rekomendasi diserahkan secara simbolis oleh Ketua DPD PDIP Sultra, Lukman Abunawas di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (11/08/2020).

Pengumuman ini merupakan gelombang ketiga setelah DPP PDIP mengumumkan 48 pasangan calon pada 19 Februari, dan 45 nama calon pada gelombang kedua 17 Juli. Pada gelombang ketiga ini DPP mengumumkan 75 pasangan calon. Pilkada 2020 sendiri digelar di 270 daerah, yang terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Ketua DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan, 75 calon kepala daerah yang diusung DPP PDIP telah sesuai prosedur dan mengusung kader-kader potensial yang siap memenangkan pilkada.

“Tercatat 75 calon kepala daerah kita umumkan hari ini dan telah sesuai prosedur. Segera lakukan konsolidasi akbar untuk memenangkan pilkada di daerah,” kata Megawati dalam pengumuman tahap tiga calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Pilkada 2020, yang disiarkan langsung, Selasa (11/8/2020).

Sementara bakal calon Bupati Konsel Rusmin Abdul Gani mengaku bersyukur dengan rekomendasi dari DPP PDIP ini. Pihaknya kini semakin mantap untuk mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah di Konsel.

“Alhamdulillah patut bersyukur, kami, Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP untuk di Konawe Selatan. Dengan rekomendasi ini, kita sudah mencukupi dengan koalisi Partai Hanura dan PPP. Semua ini sudah lebih dari culup, sebab kami sudah ada 8 kursi,” kata Rusmin melalui pesan WhatsAppnya, Selasa (11/8/2020).

Setelah menerima rekomendasi ini, Senawan Silondae menjelaskan, akan langsung melakukan konsolidasi akbar untuk menghidupkan dan menggerakkan komponen.

Sebelumnya, dari tujuh daerah yang melaksanakan Pilkada serentak, PDIP telah mengumumkan calon usungannya di tiga daerah. Tiga daerah itu adalah Buton Utara untuk pasangan Abu Hasan-Suhuzu, Konawe Utara untuk pasangan Ruksamin-Abu Haera, dan di Wakatobi, PDIP mengeluarkan rekomendasi dukungan untuk pasangan Haliana-Ilmiati Daud. (A)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib