iklan zonasultra

Pecah Kemacetan, Pemkot Kendari Bakal Bangun Jalan Baru

DPRD Minta Bangunan di Kawasan Mangrove Digusur
Kota Kendari (Foto Raja Drone Id)

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Pemerintah Kota Kendari berencana membangun jalanan baru yang menghubungkan Jalan ZA Sugiarto – Jalan HEA Mokodompit Kecamatan Kambu guna mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di Kota Kendari, terutaman pada jam pulang kerja sekitar pukul 16.00 WITA di sekitar jalan Z.A Sugiarto (depan RSUD Kota Kendari hingga Jembatan Triping).

“Pembangunan dua ruas jalan untuk memecah kemacetan dari wilayah Andonohu melalui Jalan Z.A Sugianto depan RSUD Kendari. Saya harap, pembukaan jalan ini juga bisa membuka pertumbuhan baru di wilayah tersebut. Termasuk sekitar kali Kadia,” ujar Wali Kota Kendari Sulkarnain, Rabu (12/8/2020) kemarin di rumahnya.

Soal teknis pembangunan, kata dia, saat ini masih tahap finalisasi oleh tim perencana, termasuk desain dan wilayah mana saja yang akan dilalui oleh jalan tersebut.

Jalan itu nantinya memiliki lebar sekitar 30 meter. Kemudian ada dua jembatan juga dibangun karena melintasi dua sungai yakni sungai Wanggu dan Sungai Andounohu. Adapun anggaran yang dibutuhkan untuk membangun jalan dan jembatan tersebut yakni Rp203 miliar.

“Untuk penganggarannnya sementara kami ajukan ke dewan untuk kemudian mendapatkan restu pinjaman ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) bersamaan dengan penganggaran pembangunan Rumah Sakit Tipe D di Kawasan Puuwatu,” katanya.

Terkait rencana penambahan ruas jalan ini juga telah mendapat sambutan baik dari Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan. Menurut Subhan, rencana itu sangat baik dan perlu didukung mengingat perkembangan kota yang pesat saat ini.

“Kota semakin berkembang, ekonomi, jumlah penduduk, semua meningkat. Nah ini harus seimbang dengan sarana dan prasarana infrastruktur. Jalan juga sama pentingnya agar bisa memecah kemacetan yang bisa terjadi dikawasan By Pass atau jembatan triping,” ujarnya saat berdiskusi dengan Wali Kota Kendari beberapa waktu lalu.

Atas masukan dan permohonan dari Pemkot itu, Subhan bersama 34 legislator lainnya dalam waktu dekat akan menggelar rapat untuk membahasan program tersebut. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib