iklan zonasultra

Pecinta Alam Long March dari UHO ke Tamkot, Kumpulkan Sampah dan Paku

Pecinta Alam Long March dari UHO ke Tamkot, Kumpulkan Sampah dan Paku
HARI BUMI - Komunitas Pencinta Alam (KPA) dan Mahasiswa Pencinta Alam (MPA) se-Kota Kendari mendeklarasikan penggunaan botol air minum ketimbang air kemasan serta pengurangan aktivitas penancapan paku di batang pohon, Minggu (28/4/2019). (ISTIMEWA)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Mahasiswa Pecinta Alam (MPA) dan Komunitas Pecinta Alam (KPA) se-Kota Kendari menggelar long march dari Universitas Halu Oleo (UHO) hingga di Taman Kota (Tamkot) Kendari, Minggu (28/4/2019).

Anggota KPA Husnawati Tombo mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2019 lalu.

(Baca Juga : Peringati Hari Air Sedunia, Sejumlah Komunitas Bersihkan Sampah Sungai Lasolo)


“Nama kegiatan kita hari ini adalah aksi peduli lingkungan untuk memperingati hari bumi,” kata Husnawati kepada zonasultra melalui sambungan WhatsApp Mesengger.

Ada 92 orang yang ikut dalam long march sekitar 10 km ini. Mereka mengumpulkan sampah plastik berupa minuman kemasan sepanjang jalan HEA Mokodompit, kemudian jalan MT Haryono, Jalan Saosao dan Jalan Abunawas.

Selain sampah plastik, pihaknya juga mencabut paku yang masing masih tertancap di batang pepohonan. Jumlah paku yang berhasil dikumpulkan hampir 3 kilogram.

(Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Maritim Muda Sultra Tanam Mangrove di Kendari Water Sport)

“Sampah plastik kami tidak hitung karena pas terkumpul kami langsung buang ke tong sampah,” jelasnya.

Setelah melakukan long march, mereka juga mendeklarasikan penggunaan botol air minum(vedples,tumble) untuk mengurangi sampah.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi ajang sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak menancapkan paku ke batang pohon dan menggunakan botol air minum untuk mengurangi sampah plastik. (B)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Abdul Saban

1 KOMENTAR

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib