iklan zonasultra

Pegawai di Konsel Telat Gajian, Ini Penjelasan BKAD

Kepala DPMD Konsel Sahlul
Sahlul

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO– Gaji yang seharusnya dibayarkan bulan Februari 2020 terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal segera dibayarkan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Konsel Sahlul kepada awak media. Pada kesempatan itu, Sahlul meminta maaf atas keterlambatan tersebut.

Iklan Zonasultra

“Insyaallah satu dua hari gaji PNS Konsel untuk bulan Februari sudah mulai dibayarkan,” kata Sahlul saat di ruang kerjanya, Rabu, (26/2/2020).

Sahlul mengungkapkan, keterlambatan pembayaran gaji bulan Februari tersebut hanya terjadi pada sebagian PNS Konsel saja. Kata dia, DPRD dan BKAD gaji pegawainya sudah terbayarkan lebih dulu.

“Kalau yang belum di antaranya sekretariat daerah, kecamatan, dan kelurahan,” terangnya.

Dikatakannya, keterlambatan pembayaran gaji tersebut disebabkan siklus keuangan antara uang masuk dan uang keluar yang tidak berimbang. Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif sebagian Dana Alokasi Umum (DAU) yang dialokasikan untuk pembayaran dua bulan gaji PNS dialihkan untuk membiayai dana rutin seperti kebutuhan kantor agar roda pemerintahan di Konsel bisa berjalan lancar.

Selain itu, sebagian DAU digunakan pemerintah setempat untuk membiayai utang jangka pendek, seperti retensi kegiatan tahun 2019 yang belum dibayarkan termasuk membiayai persiapan tahapan Pilkada yang menelan anggaran hingga Rp5 miliar.

“Jadi uang yang masuk sebagian kita sedot untuk membayar semua kebutuhan itu,” paparnya.

Sahlul berharap, para pegawai di lingkup Pemkab Konsel untuk bersabar atas keterlambatan pembayaran gaji bulan ini.

“Kami sadari atas persoalan ini, makanya kami berharap agar para PNS untuk bersabar, Insyaallah dalam waktu satu atau dua hari ini dana transfer dari pusat sudah masuk kami langsung akan bayarkan,” ujarnya. (B)

 


Reporter: Erik Ari Prabowo
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib