iklan zonasultra

Pelaksana UNBK Tingkat SMP di Kendari Melewati Target Kemendikbud

unbk-2017
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sesuai perencanaan, 90 persen sekolah tingkat SMP di Kota Kendari siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jumlah itu melewati target Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang hanya menargetkan 70 persen.

Ketua panitia ujian nasional tingkat SMP Kota Kendari Makmur Tote mengatakan, 90 persen sekolah yang rencananya melaksanakan UNBK tersebut terdiri dari 35 SMP dan 15 Madrasah Tsanawiah (MTs).

Ia menjelaskan, satuan pendidikan yang menyelenggarakan UNBK terbagi atas dua yakni ada satuan pendidikan yang menyelenggarakan secara mandiri, kemudian ada juga yang menyelenggarakan dengan bergabung dengan satuan pendidikan penyelenggara UNBK lainnya.

“Artinya, sekolah yang tidak bisa menyelenggarakan UNBK secara mandiri akan bergabung dengan SMP, SMA, SMK dan beberapa perguruan tinggi yang dapat memfasilitasi sekolah yang belum mampu menyelenggarakan UNBK secara mandiri,” kata Makmur saat ditemui, Kamis (18/1/18).

Pelaksanaan UNBK sendiri, lanjutnya, akan berlangsung 23-26 April mendatang berdasarkan ketentuan yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Kata dia, untuk mensukseskan penyelenggaraan UNBK tahun ini, pihaknya akan melakukan perjanjian kerja sama atau penandatanganan MoU dengan pihak dinas pendidikan, pemuda dan olahraga (Dikmudora) setempat.

“Dan ada juga MoU antara sekolah dengan sekolah penyelenggara UMBK seperti SMPN 1 Kendari yang menggandeng SMP Sejahtera,” tutupnya. (B)

Reporter : Sri Rahayu
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib