Honda

Pelantikan DPRD Baubau Diwarnai Demonstrasi dan Jatuhnya Foto Presiden

Pelantikan DPRD Baubau Diwarnai Demonstrasi dan Jatuhnya Foto Presiden
SERAH TERIMA - Zahari, Ketua DPRD perode 2019-2024 bersama Kamil Adi Karim, ketua DPRD periode 2014-2019, saat serah terima jabatan dari ketua lama kepada ketua yang baru di gedung baru DPRD Kota Baubau, Senin (1/9/2019). (Risno/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Sebanyak 25 Anggota DPRD Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), resmi dilantik, Selasa (1/9/2019). Pelaksanaan sumpah jabatan wakil rakyat ini diwarnai dengan aksi demonstrasi, juga jatuhnya foto Presiden Joko Widodo hingga pecah.

Foto presiden yang jatuh dari dinding hingga pecah itu sontak membuat para tamu undangan kaget. Foto itu jatuh lantaran paku bingkai foto pada dinding ruang paripurna DPRD Kota Baubau copot.

Hal ini terjadi usai sumpah jabatan dan rapat paripurna perdana wakil rakyat itu. Pantauan wartawan, saat jatuhnya foto Presiden Jokowi itu terjadi saat anggota dewan dan tamu undangan asik berswafoto.

iklan zonasultra

Baca Juga : 25 Anggota DPRD Baubau Resmi Dilantik

Selama serangkaian acara pelantikan itu, foto presiden yang jatuh itu tidak dipedulikan. Foto itu kemudian dirapikan setelah para tamu undangan pulang.

“Tiba-tiba saja foto ini jatuh, mungkin karena pakunya kurang kuat sehingga copot,” tutur Sandi, salah seorang tamu undangan yang menyaksikan pecahan foto itu berserakan.

Sementara itu, para demonstran yang hendak melakukan aksi di gedung baru DPRD Kota Baubau tidak mampu menembus barisan polisi. Mereka hanya mampu menyampaikan aspirasi sekitar 1 kilometer dari tempat pelantikan. Para pendemo diadang kepolisian di simpang lima bilangan Jalan Palagimata.

Baca Juga : Enam Anggota DPR RI Asal Sultra Resmi Dilantik

Para pendemo yang hendak menyuarakan aspirasi menentang RKUHP dan UU KPK hasil revisi. Meski tidak mampu menembus kokohnya adangan kepolisian, namun para pendemo tetap ditemui Ketua Sementara DPRD Kota Baubau periode 2019-2024, Zahari.

“Aspirasi mahasiswa telah kita terima, kami kemudian akan melakuakan kajian untuk tindakan lebih lanjut,” ujarnya pada awak media setelah menemui demonstran. (B)

 


Penulis : M6
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib