iklan zonasultra

Pelatihan UMKM BPP Kendari dan Perbarindo Sultra Berlanjut di Konawe

Pelatihan UMKM BPP Kendari dan Perbarindo Sultra Berlanjut di Konawe
PELATIHAN UMKM- Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari bersama DPD Perbarindo Sultra saat berfoto bersama dalam dalam acara pelatihan UMKM di Unahaa, Selasa (18/8/2020). (ISTIMEWA)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pelatihan bagi pelaku UMKM oleh Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari bersama Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sulawesi Tenggara (Sultra) berlanjut di Kabupaten Konawe.

Kali ini, peserta pelatihan sebanyak 50 orang yang merupakan nasabah dan mitra binaan BPR Bahteramas Konawe. Sebelumnya pelatihan terhadap pelaku UMKM telah dilaksanakan di Kendari minggu lalu.

Kepala BPP Kendari Andi Asriani Koke mengatakan, pelatihan tersebut merupakan bentuk tanggungjawab pihaknya untuk memberikan penguatan kepada salah satu sektor penggerak ekonomi di daerah itu. Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19 banyak pelaku UMKM yang terkena dampak.

Mulai dari usahanya tidak lagi berjalan maksimal, menurunnya daya beli masyarakat, bertahan di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil serta tetap menjalankan usahanya meskipun hasil tidak maksimal.

“Pelatihan ini tentunya akan merefresh kembali para pelaku UMKM ini tentang bagaimana memulihkan kondisi usaha menjadi produktif lagi dan mampu menyesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini,” ungkap Asriani Koke melalui siaran persnya, Rabu (19/8/2020).

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Perbarindo Sultra Ahmat mengungkapkan para peserta pelatihan itu merupakan mitra dari BPR Bahteramas Konawe. Sehingga dengan adanya pelatihan ini menjadi wujud BPR Bahteramas Konawe hadir memberikan pendampingan.

Pelatihan UMKM BPP Kendari dan Perbarindo Sultra Berlanjut di KonaweKata dia, pelatihan terhadap para pelaku UMKM terkhusus mereka yang terdampak pandemi Covid-19 adalah upaya untuk pemulihan kondisi ekonomi serta untuk menjaga mereka tetap survive dalam menjalankan usahanya.

“Ini juga semangat kita BPR Bahteramas Konawe dalam memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke-75 tahun,” ujar Direktur Utama BPR Bahteramas Konawe tersebut dalam sambutannya.

Ahmat menambahkan, pelatihan bersama BPP Kendari tersebut akan terus berlanjut, dan usai dari Konawe kegiatan selanjutnya digelar di Kabupaten Bombana.

Panitia Penyelenggara Kegiatan Syahrir menjelaskan pelatihan tersebut terbagi menjadi dua kelas yakni kelas 5S khusus untuk peningkatan produktivitas 25 orang dan kelas skor khusus untuk membangun kerja sama tim 25 orang.

Pelatihan digelar di Unaaha selama lima hari mulai kemarin, Selasa (18/8/2020) hingga (22/8/2020). Kemudian, para peserta ini berasal dari sejumlah kecamatan yang ada di Konawe yakni Latoma, Uepai, Lambuya, Wawotobi, Padangguni Asinua dan Sampara.

“Mereka akan mendapatkan pelatihan selama 40 jam serta sertifikat pelatihan, kegiatan ini digelar sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid-19,” kata Direktur Operasional BPR Bahteramas Konawe itu.

Kemudian dalam acara ini juga, BPP Kendari menyerahkan bantuan 1.000 masker kepada Satgas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Konawe.

Untuk diketahui, dalam acara ini turut hadir Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Konawe Achmar Nurdin selaku perwakilan pemerintah daerah setempat.

 


Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib