iklan zonasultra

Pelecehan Seksual Dominasi Kasus Kekerasan Anak di Konsel

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Konsel, Yuliana
Yuliana

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO-Kasus kekerasan anak di Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) alami peningkatan signifikan. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Konsel, Yuliana saat diwawancarai di kantornya, Selasa (25/8/2020).

Yuliana mengungkapkan, dibanding tahun 2019, kasus kekerasan perempuan dan anak di Konsel hanya berjumlah Delapan kasus. Sementara di tahun 2020 dengan periode yang sama saat ini jumlah kasus telah mencapai 15 kasus.

Lebih rinci, kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) ada enam kasus, pemerkosaan atau pelecehan seksual terhadap anak sembilan kasus.

Yuliana menjelaskan, berbagai faktor dianggap menjadi pemicu meningkatnya jumlah kasus tersebut, salah satunya akibat Pandemi Covid-19. “Dimasa Pandemi ini, kami terkendala untuk sosialisasi ke masyarakat,” kata Yuliana.

Untuk menangani masalah tersebut, DP3A membentuk Satuan Tugas (Satgas) di setiap kecamatan, nantinya, Satgas tersebut akan bertugas melakukan edukasi ke masyarakat agar laju kasus kekerasan perempuan maupun anak dapat ditekan.

Yuliana berharap,di tengah pandemi Covid-19 ini, orang tua atau keluarga agar ikut terlibat membantu dalam hal pengawasan, sebab peran orang tua dan keluarga dianggap paling utama dalam hal melakukan pengawasan terhadap anak. (b)

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib