iklan zonasultra

Pelni Kendari Terima Kapal Sabuk Nusantara 78, Bisa untuk Angkutan Mudik

Pelni Kendari Terima Kapal Sabuk Nusantara 78, Bisa untuk Angkutan Mudik
PELNI KENDARI - Kapal Sabuk Nusantara 78 yang tengah berlabu di Kendari New Port Kendari, Jumat (10/5/2019). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) cabang Kendari resmi menerima Kapal Sabuk Nusantara 78 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Serah terima kapal dilaksanakan di Kendari New Port, Jumat (10/5/2019).

Kepala Pelni Cabang Kendari Tavip Priadi mengungkapkan, kapal tersebut jenis kapal perintis yang merupakan bantuan dari pemerintah untuk melayani pelayaran masyarakat di wilayah Indonesia Timur, termasuk Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kemungkinan kapal ini akan dan bisa dipakai untuk angkutan mudik lebaran, tapi untuk jadwal dan rutenya kita masih liat dulu. Kan baru serah terima hari ini. Insyaallah dalam waktu dekat sudah ada,” ungkap Tavip.

iklan zonasultra

Baca Juga : Pelni Kendari: Pemudik Harus Beli Tiket Lebih Awal

Pelni Kendari Terima Kapal Sabuk Nusantara 78, Bisa untuk Angkutan Mudik
PELNI KENDARI – Kepala Pelni Cabang Kendari Tavip Priadi saat menandatangani berita acara penyerahan Kapal Sabuk Nusantara 78 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jumat (10/5/2019). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

Kapal Sabuk Nusantara 78 merupakan satu dari tiga kapal tol laut yang diproduksi l PT Orela Shipyard, Gresik, Jawa Timur (Jatim) dengan bobot 2.000 gross ton (GT).

Dua kapal lainnya adalah kapal kontainer KM Kendhaga Nusantara 7 dan KM Kendhaga Nusantara 9 dengan kapasitas 100 TEUs.

Sabuk Nusantara 78 memiliki panjang 68,5 meter, lebar 63 meter dan tinggi 6,2 meter. Sementara kapasitas penumpang mencapai 427 orang.

Kapal ini dilengkapi kamar berfasilitas AC, TV dan kamar mandi dalam khusus bagi penumpang class untuk 26 orang. Ada pula kamar penumpang untuk kelas ekonomi.

Kecepatan kapal ini adalah 12 knot dengan kekuatan mesin 2 X 1.400 tenaga kuda.

Selain kapal ini, Pelni Cabang Kendari juga mengoperasikan kapal KM Tilong Kabila, KFC Jetliner dan KM Sangiang untuk mengangkut penumpang mudik lebaran 2019.

“Saat ini Jetliner lagi didok di Makassar, insyaallah H-15 sudah akan kembali di Kendari dan bisa melayani penumpang dengan rute Kendari-Raha-Baubau-Wakatobi dan sebaliknya,” pungkas Tavip. (b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib