iklan zonasultra

Pembangunan Ekowisata di Baubau, Hado Jamin Masyarakat Tak Rugi

Pj Wali Kota Baubau Hado Hasina
Hado Hasina

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Penjabat (PJ) Walikota Baubau Hado Hasina mulai mengembangkan kawasan ekowisata berbasis masyarakat pada beberapa lokasi wisata di Baubau. Salah satu kawasan yang sudah dimulai pembangunannya adalah Pantai Nirwana.

Hado menyebut strategi yang digunakannya “sodamparagigi” yang diambil dari bahasa daerah setempat yang artinya kemitraan. Hal itu dimaksudkan untuk membagi peran dan tanggung jawab kepada pihak swasta dan masyarakat.

“Tugas pemerintah adalah memfasilitasi infrastruktur dasar yang diperlukan, pengusaha masuk investasi di bidang sarana prasarana ekonomi (rumah peristirahatan, gazebo, dan lainnya). Nah masyarakat memastikan bahwa haknya akan terus ada di situ sampai kapanpun,” ujar Hado di Kendari, Senin (23/4/2018).

Saat ini Memorandum of Understanding (MoU) antara masyarakat dan investor sudah diteken, bahkan seperti di Pantai Nirwana sudah mulai membangun. Kata Hado, investor saat ini masih dari lokal dengan nilai investasi masih sebatas ratusan juta. Untuk para investor di Jakarta sedang digagas dan dikomunikasikan.

Pihak swasta yang membangun dan mengelola fasilitas di atas lahan tersebut hanya akan menerima hak konsensi dalam kurun waktu tertentu yang akan diatur dalam regulasi pemerintah Kota Baubau. Sementara pemerintah kota Baubau akan menerima pajak atau retribusi dari setiap kegiatan usaha tersebut.

Dengan demikian kata Hado, masyarakat yang memiliki lahan akan menerima profit sharing (pembagian keuntungan) dan memiliki kesempatan bersama swasta melakukan pengelolaan sarana ekowisata. (A)

 


Reporter : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib