iklan zonasultra

Pembangunan Gedung Kampus USN di Buteng Dianggarkan Rp30 Miliar

Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Azhari
Azhari

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka resmi membuka lima program studi (prodi) di Buton Tengah (Buteng) yang perkuliahannya mulai dilakukan tahun ini. Kampus ini pun berencana membangun gedung perkuliahan yang memadai di Kecamatan Mawasangka, Buton Tengah (Buteng).

Anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan itu cukup besar senilai Rp30 miliar. Rektor USN Kolaka, Azhari mengatakan, anggaran pembangunan gedung tersebut bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Kementerian Keuangan sebesar Rp67 miliar. Selebihnya, anggaran tersebut juga untuk pengembangan kampus USN di Tanggetada, Kolaka.

Iklan Zonasultra

Kata Azhari, surat persetujuan dari Kemenristekdikti juga sudah ada, yang menyatakan salah satu yang mendapatkan SBSN 2019 itu adalah USN.

Anggaran tersebut dibagi dua senilai Rp30 miliar untuk pembangunan gedung di Buteng dan Rp37 miliar untuk pengembangan kampus di Tanggetada. Ia mengatakan mulai tahun depan pembangunan gedung perkuliahan kampus USN di Buteng sudah dilakukan.

(Baca Juga : Rektor USN: Dosen CPNS Harus Siap Ditempatkan di Kampus USN Buteng)

“Jadi bisa dibangun dua gedung di Buteng, dengan anggaran Rp30 miliar. Selebihnya untuk pengembangan kampus di Tanggetada,” kata Azhari di USN Kolaka, Selasa (23/7/2019).

Kata dia, untuk membangun gedung tersebut USN memiliki aset berupa lahan di Kecamatan Mawasangka, Buteng, seluas 100 hektar. Lahan itu sebelumnya milik warga, yang kemudian dihibahkan untuk lokasi pembangunan kampus USN di Buteng.

“Luas lahannya di sana itu tiga kali lipat lebih besar daripada di Kolaka ini. Di sana kita punya lahan 100 hektar yang masuk aset negara, dan yang sudah bersertifikat itu sekitar 80 hektar,” kata Azhari.

(Baca Juga Lima Prodi USN Kolaka Resmi Pindah ke Buteng)

Rektor termuda ini pun menegaskan agar masyarakat Sultra tak menganggap pengembangan kampus USN di Buteng hanyalah uji coba. Sebab, tak hanya pembangunan gedung perkuliahan, juga nantinya akan ditambah dengan prodi lainnya.

“Kita serius mau kembangkan kampus di sana, ini bukan main-main. Rencana prodi akan ditambah lagi yang kita fokuskan prodi-prodi sains,” pungkasnya. (a)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib